Vaksin COVID-19 Terbaik untuk Booster, Bisa Pakai Sinovac? Ini Kata ITAGI

Jakarta

Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Prof Sri Rezeki Hadinegoro bicara soal vaksinasi booster yang rencananya akan diberikan awal tahun 2022. Ia memberikan catatan, vaksinasi booster baru akan dimulai jika sudah ada lebih dari 70 persen warga Indonesia yang mendapat dua dosis vaksin COVID-19.

Prof Sri mengaku, pasca enam bulan, pemberian vaksin Sinovac hingga vaksin AstraZeneca memang menurun sehingga membutuhkan booster atau penguat. Meski begitu, mereka yang belum menjadi prioritas vaksin booster nantinya tidak perlu khawatir.

“Kita masih punya cadangan memory cell jadi memory cell yang tahan lama ini namanya pengingat SARS CoV-2 tadi, dia buru-buru membuat antibodi sehingga dia bisa melawan walaupun kadang-kadang dia kalah,” beber Prof Sri dalam training media soal Obat dan Vaksin dari BPOM RI, Rabu (27/10/2021).

“Tapi kalaupun sakit, tidak akan berat.”

Prof Sri menyoroti vaksinasi booster tidak akan maksimal jika masih banyak dari mereka yang belum menerima dua dosis vaksin COVID-19.

“Makanya rencananya kalau bisa sampai Desember mencapai herd protection, baru tahun depan vaksinasi booster,” tutur Prof Sri.

Bisakah memakai vaksin COVID-19 berbeda dengan dua dosis pertama yang diterima?

Ia menyarankan, memilih jenis vaksinasi booster perlu memperhatikan efikasi. Jika sebelumnya menerima vaksin Sinovac atau AstraZeneca dengan efikasi kisaran 60 persen ke atas, vaksinasi booster disarankan untuk mengambil jenis vaksin COVID-19 yang lebih tinggi.

“Kalau mau pakai booster tentunya kita memilih yang efikasinya lebih tinggi. Misalnya sebelumnya menerima vaksin Sinovac, boosternya harus pakai efikasi yang lebih tinggi lagi,” tutur dia.

“Jadi jangan sampai dia mempunyai efikasi yang kurang tetap harus bagus terhadap varian-varian baru,” sambung Prof Sri.

Meski begitu, dia belum bisa memastikan kapan vaksinasi booster akan diberikan, karena masih memprioritaskan penerima vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua.


Terima kasih telah membaca artikel

Vaksin COVID-19 Terbaik untuk Booster, Bisa Pakai Sinovac? Ini Kata ITAGI