Tumblr Diblokir, Beragam Reaksi Dari Warganet Muncul

Artikel Unik – Belakangan sedang ramai disoroti warganet terkait keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk memblokir salah satu layanan microblogging Tumblr. Karena dianggap memiliki konten asusila, Tumblr diblokir.

Namun hal tersebut justru menuai banyak kritikan dari warganet yang menganggap Kominfo tidak melakukan riset terlebih dahulu. Namun langsung menilai bahwa Tumblr tidak memiliki fitur untuk pelaporan konten asusila.

Tumblr Diblokir Merupakan Keputusan Kominfo

Banyak dari warganet yang merasa tidak setuju dengan keputusan Kominfo untuk memblokir salah satu platform media sosial Tumblr ini. Memang konten asusila atau porno menjadi alasan dibalik dikblokirnya layanan microblogging ini yang sebenarnya juga ada di beberapa media sosial lainnya.



Warganet lainnya juga berganggapan bahwa sebenarnya dibandingkan dengan konten negatif yang didapatkan lebih banyak manfaatnya dalam menggunakan Tumblr ini.

Apalagi sebenarnya Tumblr sudah menyediakan pengaturan khusus untuk bisa melakukan filter terhadap konten yang bisa dilihat dengan mudah. Sehingga sebenarnya sudah ada langkah antisipasi yang dilakukan untuk mengurangi adanya konten sensitif hingga asusila.

Meskipun banyak yang kurang mendukung keputusan tersebut namun ada juga warganet yang menanggapi secara positif keputusan Kominfo untuk melakukan pemblokiran terhadap Tumblr.

Mereka beranggapan bahwa langkah yang diambil oleh pihak Kominfo ini memang sudah berdasarkan pertimbangan matang. Dan juga untuk kepentingan bersama demi menyelamatkan generasi penerus bangsa. Agar tidak sampai terlalu terjerumus dengan berbagai informasi negatif yang ada di dunia maya. Apalagi proses pemblokiran tersebut juga sudah didahului dengan teguran yang diangap tidak dihiraukan oleh piha Tumblr.

Fungsi Sebelum Tumblr Diblokir

Tentunya ada begitu banyak warganet yang menggunakan fasilitas dari platform media sosial Tumblr ini. Apalagi Tumblr menjadi pilihan favorit para pengguna internet untuk menulis blog dengan layout yang bermacam-macam dan menarik untuk mereka gunakan. Ada delapan fungsi Tumblr yang bisa digunakan yaitu link, GIF, video, audio, kutipan, teks hingga foto.

Maka para pengguna Tumblr bisa berkreasi sesuka hati dan menuliskan apa yang memang ingin dibagikannya kepada lebih banyak orang. Bahkan banyak juga penulis profesional yang berhasil merujudkan mimpinya berawal dari Tumblr ini

Tumblr Diblokir, Beragam Reaksi Dari Warganet Muncul

Pada dasarnya setiap platform media sosial dimana di dalamnya terdapat berbagai macam orang dengan berbagai tujuan pasti akan memberikan resikonya masing-masing. Hal yang terpenting adalah bagaimana kebijakan kita dalam memanfaatkan setiap fasilitas dalam setiap platform media sosial. Jika penggunanya bisa mengaplikasikan media sosial dengan positif maka segalanya juga tidak akan memberikan dampak yang negatif.

Kesadaran dari diri sendiri adalah hal penting yang harus diperhatikan dengan baik tanpa harus saling menyalahkan keputusan pihak lain. Keterbukaan informasi yang sangat luas di dunia maya memang memberikan efek positif dan negatif yang hampir berimbang, sehingga semua pihak juga turut bertanggungjawab untuk bisa menjaga agar dampak negatifnya bisa dihalau semaksimal mungkin.

Saat ini memang para pengguna media sosial Tumblr tidak bisa lagi mengaksesnya karena Kominfo sudah memblokirnya menjadi malfungsi. Namun dari keputusan ini kita juga bisa belajar untuk lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial agar manfaat positifnya bisa lebih besar terlihat.

Dengan begitu manfaat yang kita rasakan juga akan lebih optimal dibandingkan hanya sekedar bermain sosial media. Menjaga diri di dunia maya adalah tanggung jawab masing-masing pribadi dan tugas pemerintah hanyalah melakukan hal yang terbaik berdasarkan pertimbangan serta aturan yang berlaku dan sudah ditentukan sebelumnya.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: