Tips Menjaga Kesehatan Payudara Paling Efektif Agar Terhindar Kanker

Tips Menjaga Kesehatan Payudara Paling Efektif Agar Terhindar Dari Penyakit Kanker

Tips menjaga kesehatan payudara paling efektif untuk menghindari ancaman penyakit kanker sebaiknya diketahui semua wanita, mengingat payudara merupakan salah satu organ yang penting. Terdapat banyak manfaat dari organ tersebut, sebagai contoh payudara digunakan untuk menyusui dan memberi nutrisi bagi buah hati untuk seorang ibu. Peduli terhadap penampilan dan kesehatan payudara bisa membuat tubuh seorang wanita sehat dan proporsional, serta tidak mengganggu keindahan dan fungsinya.

tips menjaga kesehatan payudara
tips menjaga kesehatan payudara

Menjaga Kesehatan Payudara

Terdapat beberapa tips menjaga kesehatan payudara paling efektif supaya seorang wanita terhindar dari penyakit yang menjadi salah satu pembunuh paling menakutkan, yaitu kanker payudara. Tips-tips tersebut antara lain:



Memakai Bra Yang Sesuai

Tips menjaga kesehatan payudara paling efektif yang paling sederhana adalah memilih bra. Gunakan bra yang sesuai, tidak kekecilan dan membuat payudara tertekan, sehingga tidak dapat bernafas. Hal tersebut bisa membahayakan sel-sel yang ada di dalamnya dan berdampak pada munculnya sel abnormal yang bisa berpotensi sebagai kanker.

Selain itu, memakai bra yang bersih dan kering bisa membantu menjaga kesehatan payudara agar terhindar dari kuman dan bakteri yang mengakibatkan munculnya jerawat serta bisul. Apabila Anda memakai bra yang lembab, payudara akan rentan terkena penyakit kulit, seperti panu karena menjadi tempat perkembangbiakan bakteri dan jamur.

Jangan Menggunakan Cream Payudara Apapun

Saat ini, telah beredar cream pembesar dan pengencang payudara secara instan di pasaran. Cream tersebut diaplikasikan dengan cara dioles pada kulit payudara secara langsung. Hal tersebut sangat berbahaya mengingat kandungan cream dapat masuk ke pori-pori serta mempengaruhi aliran darah di dalam payudara. Jika memang ingin membesarkan dan mengencangkan payudara, sebaiknya menggunakan cara yang sehat seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi.

Hindari Meremas Payudara

Meremas payudara bisa menyebabkan sel-sel dan syaraf payudara menjadi cidera. Ibu-ibu yang menyusui sering melakukan hal ini untuk mendapatkan asi yang kental. Padahal, meremas payudara tidak berpengaruh terhadap kental atau encernya ASI.

Istirahatkan Payudara

Mengistirahatkan payudara dari tekanan bra, yakni ketika tidur di malam hari merupakan tips menjaga kesehatan payudara paling efektif yang masih diabaikan banyak wanita. Padahal, payudara membutuhkan ruang untuk bernapas agar aliran darah lancar dan payudara pun semakin sehat. Itu tidak akan didapat apabila seorang wanita mengenakan bra semalaman.

Hindarkan Payudara Dari Benturan

Seringkali seseorang tanpa sengaja terbentur kursi, tepian meja serta benda keras lainnya. Jika yang terbentur adalah payudara, itu bisa sangat berbahaya karena bisa menyebabkan penggumpalan darah dan pertumbuhan sel-sel abnormal di dalamnya. Oleh sebab itu, hindarkan payudara dari benturan baik ringan maupun berat.



Melakukan SADARI

SADARI atau periksa payudara sendiri merupakan langkah-langkah yang dilakukan wanita secara mandiri untuk memeriksa kesehatan payudaranya sendiri. SADARI berguna untuk mendeteksi keberadaan tumor di dalam payudara. Ada lebih dari 90% tumor payudara yang dideteksi melalui pemeriksaan tersebut. SADARI yang menjadi salah satu tips menjaga kesehatan payudara paling efektif dapat dilakukan dengan:

  1. Mengangkat tangan kiri ke atas kepala.
  2. Meraba payudara menggunakan tangan kanan, apakah ada benjolan atau tidak.
  3. Ulangi langkah tersebut pada payudara yang lain.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Untuk menjalankan tips menjaga kesehatan payudara paling efektif, seorang wanita perlu menerapkan pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, vitami C dan serat tinggi serta menghidari makanan dengan kandungan garam dan penyedap rasa tinggi.

Mencegah lebih baik daripada mengobati merupakan pepatah yang tepat bagi seorang wanita, karena kapanpun mereka beresiko terkena penyakit kanker payudara. Rutin melakukan pola hidup sehat dan sering mengecek kondisi payudara melalui pemeriksaan medis merupakan tips menjaga kesehatan payudara paling efektif.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: