Menilik Perkembangan Teknologi Handphone Generasi ke Generasi

Teknologi handphone – Di jaman serba modern seperti sekarang ini tentu siapa saja tidak bisa jauh dari yang namanya teknologi handphone.

Berbagai sistem komunikasi dan jaringan sangat bergantung pada keberadaan handphone tersebut,
Sehingga dapat dikatakan bahwa saat ini handphone sudah menjadi salah satu bagian kebutuhan primer masyarakat modern,
tidak hanya untuk berkomunikasi tetapi juga mendapatkan berbagai informasi terkini.

Sejarah Teknologi Handphone

Tentunya anda mengetahui bahwa teknologi handphone terus berkembang setiap waktunya. Di Indonesia, handphone sudah menerapkan dua model jaringan yaitu CDMA dan GSM.



Sistem yang digunakan di dalam handphone ditemukan pertama kali oleh Martin Cooper pada April 1973 yaitu perangkat komunikasi mini sehingga bisa dengan mudah dibawa kemana saja.

Dari sejak itu, terus terjadi perkembangan dari waktu ke waktu hingga adanya berbagai teknologi canggih yang bisa anda nikmati saat ini.

Perkembangan Teknologi Handphone Generasi ke Generasi

Saat ini setiap produsen teknologi handphone terus berlomba-lomba untuk mengeluarkan teknologi tercanggihnya dan terus berkembang setiap waktunya.

Berbagai merk dengan keunggulannya masing-masing ditawarkan untuk para konsumennya agar mendapatkan kepuasan tersendiri selama menggunakan produk handphone tersebut.

Bahkan handphone sudah banyak ditawarkan dalam beragam rentang harga dari yang paling murah hingga berharga luar biasa.

Baca juga : Samsung Galaxy S8





Berikut perkembangan teknologi handphone dari generasi ke generasi yang perlu anda ketahui :

  • Handphone generasi 1 merupakan telepon genggam yang ditemukan oleh Martin Cooper dengan berat 30 ons dan masih menggunakan teknologi analog atau pada saat itu dikenal dengan AMPS. Namun kekurangannya saat melakukan komunikasi masih bersifat regional dan ukurannya terlalu besar untuk dibawa kemana-mana
  • Handphone generasi 2 mulai muncul sekitar tahun 1990, pada saat ini sinyal analog yang digunakan pada generasi 1 sudah diganti dengan sinyal digital sehingga handphone ini sudah dilengkapi dengan fitur panggilan tunggu, SMS dan pesan suara.
    Keunggulan dari handphone ini adalah ukurannya yang lebih kecil dan ringan serta sinyal radio yang lebih rendah sehingga mengurangi efek elektroradiasi terhadap penggunanya
  • Handphone generasi 3 tentu sudah mengalami begitu banyak perubahan bahkan para penggunanya sudah bisa mendapatkan akses internet sebaik video call berkualitas tinggi. Ada 3 standar dalam handphone 3G ini yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA dan CDMA 2000. Meskipun biayanya masih cukup tinggi tetapi sudah mulai dipasangkan sistem operasi di dalamnya sehingga berbagai fitur bisa didapatkan bahkan mendekati fungsi PC. Sistem operasi yang sudah mulai ditanamkan pada saat itu adalah windows mobile, android dan symbian
  • Handphone generasi 4 atau biasa dikenal dengan 4G sudah menggunakan sistem ponsel yang dilengkapi dengan wireless broadband, CDMA, 802.16e, wireless LAN, bluetooth dan fitur canggih lainnya. Generasi 4 ini memiliki kecepatan dan volume yang tinggi serta kualitas baik sehingga jangkauannya lebih luas bagi pengguna untuk mendapatkan akses kapan saja dan dimana saja, bahkan handphone ini sudah bisa mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia dengan pelayanan pengiriman data berkecepatan tinggi

TEKNOLOGI HANDPHONE

Perkembangan demi perkembangan yang terus diberikan tentunya demi memberikan kenyamanan dan kecepatan akses bagi para pengguna. Semakin hari berbagai kemudahan semakin dalam genggaman, bahkan handphone bisa melakukan berbagai fungsi dari PC. Sehingga anda juga bisa melakukan berbagai pekerjaan hanya dalam satu sentuhan dalam ponsel. Tentunya akan sangat mudah jika anda bisa memanfaatkan perkembangan teknologi handphone secara maksimal.

Baca Juga : Investasi Properti Indonesia

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: