Taeyeon – Profil Lengkap dan Fakta Unik Dari Taeyeon SNSD!

Taeyeon – Biodata, Profil Lengkap dan Fakta Unik Dari Tae Yeon, Leader SNSD !

Kim Tae Yeon, atau dikenal juga sebagai Taeyeon, merupakan penyanyi berkebangsaan Korea Selatan. Taeyeon memulai debut sebagai salah satu anggota grup penyanyi wanita terkenal di Korea Selatan, yakni Girls Generation di tahun 2007 usai menjalani pelatihan 3 tahun lamanya. Semenjak itulah, Taeyeon mulai populer berkat kesuksesan Girls Generation di kancah musik wilayah Asia, yang akhirnya berpartisipasi dalam proyek S.M The Ballad dan S.M Entertainment, Girls Generation TTS.

Selain menjalankan aktivitas di grup SNSD (nama lain Girls Generation), artis cantik kelahiran 9 Maret 1989 tersebut sudah merekam lagu di berbagai acara drama televisi maupun film. Tepat pada bulan Oktober 2015 lalu, Tae Yeon membuat debutnya menjadi penyanyi solo lewat album mini perdananya. Album tersebut memuncak tepat di nomor dua dalam Gaon Album Chart dan menghasilkan single yang memiliki nama serupa, sekaligus mampu menjajaki Gaon Digital Chart serta sudah terjual sebanyak 1 juta kopi lebih.

Album mini kedua Taeyeon, bertajuk Why mampu berada di posisi satu Gaon Album Chart dan menghasilkan 2 lagu di deretan sepuluh besar di Korea Selatan, untuk Why dan Starlight. Usai debutnya, ia pun dianugerahi sebagai Best Female Artist dalam Mnet Asian Music Award. Tak tanggung-tanggung, ia pun didapuk sebagai peringkat ketiga artis paling populer tahun 2015 oleh Gallup Korea dan juga Forbes Korea yang telah memasukannya dalam Top 40 Most Powerful Celebrities tahun 2016.



Kim Tae Yeon semakin terkenal karena skill vokalnya. Ia pun terpilih pada survey yang dilakukan 40 industri musik Korea sebagai vokalis Kpop terbaik di bulan Oktober 2015 lalu, sekaligus sebagai vokalis perempuan terbaik menurut 20 perusahaan musik di bulan April 2016. Bahkan Gallup Korea pun menempatkannya menjadi penyanyi terpopuler di tahun 2016, dimana sebelumnya Taeyeon berada di posisi ketiga.





Kim Tae Yeon

Biodata Kim Tae Yeon

Nama lengkap            : Kim Tae Yeon

Nama Panggilan        : Taeyeon

Nama Panggilan di SNSD    : little child that is like pack sol – Ge snack

Nama Panggilan Lainnya    : Taeng, Taetae, Leader Taeng, Leader Taeyeon, Auntie, Kid Leader, Afroo Tangee, Pack sol Ge snack, a person with short body, little person.

Golongan Darah        : O

Tanggal Lahir            : 9 Maret 1989

Berat Badan            : 44 kg

Tinggi Badan            : 162 cm

Nomor Favorite             : 3,6,9,22

Posisi                : Leader, ketua vocal ke-1

Hobi                : Berenang

Special                : bahasa Cina, menyanyi trot

Lagu Favorite dari SNSD    : Merry Go-Round

Durasi Latihan            : 5 tahun tiga bulan


Kehidupan Awal Kim Tae Yeon

Taeyeon lahir tepat di tanggal 9 maret 1989, di Jeonju, Jeolla Utara, Korea Selatan. Ia memiliki orang tua, dengan seorang adik perempuan dan seorang kakak laki-laki. Ketika dirinya berusia 13 tahun, ia berkesimpulan bahwa dirinya hanya berbakat menyanyi. Saat ia di sekolah menengah, Taeyeon diterima sebagai trainee dalam Akademi Starlight kemudian pulang pergi dari kota Jeonju menuju Seoul tiap hari Minggu demi berlatih vokal hingga satu tahun lamanya.

Tepat di tahun 2004, Jung Sung Won, mantan pelatih vokalnya, yang dijuluki dengan nama The One, ingin mengetahui seberapa besarnya potensi Kim Tae Yeon, maka kemudian Jung Sung Won memberinya tantangan bernyanyi lewat lagu You Bring Me Joy. Masih ditahun yang sama, Kim Tae Yeon memenangkan peringat pertama sebagai penyanyi terbaik lewat kontes terbaik di S.M Entertainment yang kedelapan lalu resmi mendapatkan kontrak dari pihak S.M Entertainment. Ia pun akhirnya melanjutkan pelatihannya dengan agensi S.M Entertainment lalu memulai debut sebagai salah satu anggota Girls Generation di tahun 2007.

Akan tetapi, perjalanan menuju debutnya sendiri tidaklah mudah, menurut Star Golden Bell, mengungkapkan bahwa Taeyeon sebelumnya pernah kabur diam-diam dari S.M Entertainment sebab sistem pelatihan dari agensi tersebut yang terlalu ketat. Sesama anggota dari Girls Generation, yakni Tifany berkata, “Saya teman sekamar dari Taeyeon dan terkejut saat saya tiba di kamar lalu melihat barang-barang taeyeon sudah tak ada lagi. Kemudian di tahun 2008, ia lulus di Jeonju Arts High School kemudian dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement Awards. Sebagai seorang remaja, Taeyeon telah terinspirasi menjadi penyanyi oleh BoA. Pasalnya ia ingin menjadi sama seperti dirinya serta memiliki aktivitas di negeri sakura dan juga di seluruh dunia. Hingga akhirnya impian tersebut terwujud saat Girls Generation akhirnya memulai debutnya pada tahun 2010 di Jepang.

Perjalanan Awal Karier Taeyeon

Terlepas dari berbagai aktivitasnya di Girls Generation, ia sering tampil sebagai penyanyi solo. Pertama kali Kim Tae Yeon menyumbangkan suara solonya untuk 7989, sebagai lagu yang telah diadopsi dari album Girls Generation (2007) serta album studio ke-4 Kangta, yakni Eternity. Ia mulai meraih popularitas lewat berbagai macam soundtrack drama TV yang direkamnya, Taeyeon sudah merekam lagu bertajuk If  untuk sebuah drama KBS2, yakni Hong Gil Dong (2008) serta bertajuk Can You Hear Me dalam drama MBC, berjudul Beethoven virus (2009).

Semua lagu tersebut dianggap sudah lebih populer jika dibandingkan drama-drama yang dibawanya. Kemudian lagu tersebut membuat Taeyeon memenangkan penghargaan dalam Golden Disk Awards tahun 2008 lalu dan dianggap sebagai lagu yang paling sulit untuk dinyanyikan, lewat intro yang mesti disampaikan sama seperti ketika seseorang tengah berbicara, jadi bukan seperti saat menyanyi. Selama waktu itu, ia pun merekam lagu Its Love, yakni lagu yang dinyanyikan duet bersama anggota SNSD lainnya, Sunny, untuk soundtrack drama MBC berjudul Heading to the Ground (2009).

Fakta Menarik Tentang Kim Tae Yeon

Berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang leader SNSD ini, diantaranya :

  1. Kim Tae Yeon merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

  2. Kim Tae Yeon berarti The Great Beauty.

  3. Ia mempunyai saudara laki-laki yang amat mirip dengannya.

  4. Walaupun Kim Tae Yeon merupakan anggota tertua dari SNSD, namun terkadang dirinya bertingkah seperti Maknae.

  5. Orang tuanya merupakan pemilik toko kacamata.

  6. Banyak fans menjulukinya sebagai charming leader.

  7. Merupakan member SNSD paling pendek kedua sesudah Sunny.

  8. Salah satu member yang memiiliiki bakat luar biasa (menari, berakting, menyanyi, MC dan DJ).

  9. Ayahnya dulu seorang vokalis band.

  10. Jarak kelahiran antara Taeyeon dengan sang kakak hanya berselang 1 tahun.

  11. Ia juga seringkali disebut sebagai multi talented leader.

  12. Tiffany merupakan roomatenya saat masih menjadi trainee.

  13. Ibunya pernah menjuarai Children Song Competition sejak masih kecil.

  14. Taeyeon mahir berbahasa inggris, China, dan Jepang, selain Korea tentunya.

  15. Yoon-A dan Sooyoung merupakan mantan roommatesnya.

  16. Saat ini, Sunny-lah yang menjadi roomate-nya.

  17. Ketika sekolah, Taeyeon pernah terjatuh sewaktu balapan lari dan ia mendapati luka serius.

  18. Taeyeon sangat buruk saat memakai tangan kirinya.

  19. Meskipun saat ia sedang mengetik, Taeyeon hanya bisa memakai tangan kanannya saja.

  20. Semua member bahkan setuju jika Taeyeon merupakan anggota tercantik dari mereka.

Taeyeon – SNSD

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: