Sulit Fokus Saat Puasa? Ikuti 5 Tips Ini agar Tetap Fokus & Produktif

Jakarta

Banyak orang yang merasa sulit fokus bekerja saat puasa karena kurangnya asupan makanan dan minuman seharian. Padahal ada beberapa faktor lainnya yang membuat sulitnya konsentrasi saat bekerja dalam kondisi berpuasa.

Praktisi kesehatan mengatakan sulit konsentrasi selama berpuasa adalah kondisi yang wajar. Namun, tidak semua orang paham penyebab utamanya.

Beberapa penyebab sulit konsentrasi sering terjadi karena kesalahan menu makan dan minum saat sahur seperti terlalu banyak makan karbohidrat, gorengan hingga kurang minum air mineral.

Agar konsentrasi tetap terjaga, kuncinya mengatur pola makan dan cukup minum saat sahur agar asupan nutrisi tercukupi dan tubuh tetap terhidrasi saat berpuasa. Selain itu, bisa mengikuti beberapa tips dari Think Marketing Magazine berikut ini agar tetap produktif bekerja saat berpuasa.

1. Buat Rencana Pekerjaan

Untuk membantu fokus dalam bekerja, buatlah list pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu. Dengan membuat rencana yang terstruktur maka akan lebih mudah konsentrasi dalam bekerja.

2. Atur Jam Tidur

Selama bulan Ramadhan, waktu tidur harus kembali disesuaikan karena adanya waktu sahur. Biasakan tidur lebih awal agar pada saat sahur, tubuh tidak lemas dan mengantuk, setelah itu di pagi dan siang hari bisa menambah jam tidur 1-2 jam agar kembali fokus beraktivitas.

3. Hindari Kafein

Kafein dapat membuat sulit tidur di malam hari. Akibatnya tubuh akan merasa mengantuk saat siang hari. Selain itu, kafein juga akan membuat lebih sering buang air kecil sehingga dehidrasi.

4. Berolahraga

Siapa bilang puasa tidak bisa berolahraga? Justru olahraga mampu membuatmu tetap fokus dan meningkatkan energi serta mood karena olahraga bisa melepaskan endorfin dalam tubuh.

5. Konsumsi Multivitamin

Untuk menambah asupan nutrisi dalam tubuh, konsumsi multivitamin saat sahur dan berbuka agar membantu menjaga stamina dan memelihara daya konsentrasi. Selain itu multivitamin juga bisa menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa. Salah satu rekomendasinya yaitu hemaviton Stamina Plus.

Dengan kandungan ginseng extract, vitamin B kompleks dan guaranine, multivitamin ini mampu meningkatkan stamina dan kebugaran selama berpuasa. Kandungan L-Glutamic Acid yang merupakan asam amino utama juga bisa meningkatkan fungsi syaraf, daya tangkap dan konsentrasi.

Kini, hemaviton Stamina Plus mengandung Buffered Vitamin C 250 mg, Vitamin D3, dan Zinc yang optimal dalam menjaga daya tahan tubuh. Cukup minum hemaviton Stamina Plus saat sahur dan berbuka untuk menjaga stamina dan konsentrasi selama puasa di bulan Ramadhan.


Terima kasih telah membaca artikel

Sulit Fokus Saat Puasa? Ikuti 5 Tips Ini agar Tetap Fokus & Produktif