Spesifikasi Citroen eC3, Versi Listrik dari C3

Artikel Oto ā€“ Belum lama ini Citroen kembali ke Indonesia dengan menjual 3 SUV, salah satunya adalah Citroen eC3. Di India, Citroen baru saja menghadirkan varian elektrik dari SUV kompak ini yang diberi nama eC3. Lantas, bagaimana spesifikasi dari Citroen eC3?

Perbedaan Varian Standar dengan eC3

Eksterior dari Citroen eC3 terlihat identik dengan varian mesin bensin konvensional. Mobil ini masih menggunakan split headlights pada bagian depan dengan tampilan bodi ala sebuah crossover. Menariknya, intake pada bagian bumper depan masih terbuka sama dengan varian mesin konvensionalnya.

Perbedaan dengan varian bensin terletak pada badge ā€œeā€ berwarna biru dan port pengisian daya pada bagian spatbor depan. Selain itu, Citroen eC3 tidak memiliki pipa knalpot karena bertenaga listrik.

Citroen eC3 memiliki dimensi yang ringkas dengan panjang 3.981 mm, lebar 1.733 mm, tinggi 1.604 mm, dan jarak sumbu roda 2.540 mm.

Bagian Interior dan Fitur

Sama dengan bagian eksterior, bagian interior dari Citroen eC3 masih identik dengan varian mesin bensin. Salah satu perbedaan terletak pada gear selector yang menggantikan transmisi manual pada varian bensin.

Pada bagian dashboard terdapat layar berukuran 10,25 inci yang dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Google Assistance, koneksi Bluetooth, pelacak mobil dan stasiun pengisian terdekat, status baterai, hingga fungsi SOS. Layar tersebut juga sudah terhubung dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Untuk fitur keselamatan, Citroen eC3 sudah dilengkapi dengan dua kantung udara. Tidak ada fitur safety sense pada SUV kompak Citroen ini.

Baca Juga: Citroen Pasarkan 3 Mobil Baru di Indonesia, Harga Mulai Rp225 Juta

Spesifikasi Citroen eC3

Perbedaan paling signifikan ada pada sektr performa. Citroen menyematkan mesin full-electric pada eC3. Versi listrik dari C3 ini dilengkapi dengan motor listrik pada bagian depan mobil berdaya 57 hp dan torsi 143 Nm. Citroen eC3 sanggup berakselerasi 0-60 km/jam dalam waktu 6,8 detik dengan kecepatan maksimal 107 km/jam.

Motor listrik ditenagai oleh baterai lithium-ion berkapasitas 29,2 kWh dengan penggerak roda depan. Citroen eC3 sanggup menempuh jarak hingga 320 km dalam sekali pengisian daya berdasarkan siklus ARAI India. Pengisian baterai menggunakan fast charging hanya memakan waktu 57 menit dari 0-80%. Sementara dengan colokan listrik rumah membutuhkan waktu 10,5 jam.

Harga Citroen eC3

Di India, Citroen eC3 akan dijual dengan harga estimasi Rs. 8,99 Lakh atau setara dengan Rp184,6 juta. Harga tersebut sudah termasuk garansi baterai selama 7 tahun atau 140.000 km, motor listrik 5 tahun atau 100.000 km, dan garansi mobil 3 tahun atau 125.000 km.

Jika Citroen eC3 meluncur di Indonesia, mobil ini akan menjadi saingan bagi Wuling Air EV dan DFSK Mini EV yang akan meluncur di 2023 ini.

Sumber gambar: Citroen India

Terima kasih telah membaca artikel

Spesifikasi Citroen eC3, Versi Listrik dari C3