Sepeda Motor Listrik Terbaik dan Paling Populer di Indonesia

(Sepeda Motor Listrik) – Sepeda motor menjadi salah satu transportasi yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia. Tingginya minat dan kebutuhan akan sepeda motor membuat sejumlah produsen otomotif seperti Honda, Yamaha, Suzuki, hingga Kawasaki berlomba-lomba mengeluarkan produk terbaik mereka. Kemudian, mengikuti pekembangan teknologi, bahan bakar yang menjadi tenaga sepeda motor pun perlahan-lahan berubah dari bensin menjadi listrik. Dengan cepat, sepeda motor listrik yang dianggap lebih efisien dan ramah lingkungan ini menjadi tren di Tanah Air.

Di sisi lain, rupanya sepeda motor listrik lebih awal dikenalkan oleh produsen otomotif asal Amerika Serikat, yakni Zero Motorcycles. Harganya memang relatif mahal dibandingkan sepeda motor biasa dan hanya bisa dimiliki oleh mereka yang mempunyai budget besar.
Tapi mungkin apabila Anda memiliki rejeki lebih dan sudah mapan dengan property dan hidup Anda, boleh juga nih melirik motor listrik seperti ini.





Meski demikian, ada sejumlah sepeda motor listrik menarik yang dapat jadi alternatif dan dapat Anda beli, antara lain:



Zero SR

  • Zero SR

Sepeda motor listrik ini masuk ke golongan kendaraan berdaya listrik yang gahar, karena dikenal akan kecepatan dan kecanggihannya yang sangat mumpuni. Walau belum masuk ke dalam daftar sepeda motor terbaik di dunia, Zero SR terbilang sangar karena mampu melaju dalam kecepatan hingga 164 kilometer per jam dengan tenaga hingga 70 Hp dan torsi maksimal 157 Nm. Tidak heran kalau Zero SR dianggap sebagai sepeda motor listrik yang tangguh di jalanan.

Menyoal tentang harga, Zero SR dibanderol dengan harga dari Rp300.000.000. Angka yang terbilang amat fantastis untuk sepeda motor listrik di Indonesia, bahkan bisa setara dengan satu mobil SUV. Akan tetapi, harga tersebut sebanding dengan spesifikasinya yang telah diusung dan akan membawa Anda pada pengalaman-pengalaman berkendara yang mengesankan.


Lightning LS-218

  • Lightning LS-218

Berbeda dengan Zero SR, Lighting LS-218 sudah mendapat pengakuan sebagai salah satu sepeda motor listrik tercepat di dunia. Hal ini dikarenakan desain sporty yang disematkan pada bodinya serta sejumlah spesifikasi mumpuni seperti baterai yang dalam sekali isi ulang dapat membuat sepeda motor ini mampu melaju dalam kecepatan hingga 160 kilometer per jam.

Kemudian, Lightning LS-218 dibekali mesin sebesar 150 kW dan memungkinkannya melaju sampai 600 mph hanya dalam dua detik dengan kecepatan maksimal mencapai 350 kilometer perjam. Tenaga yang setangguh ini membuat Lightning LS-218 sering kali disamakan dengan Kawasaki Ninja H2. Tidak heran kalau Lightning LS-218 dibanderol dengan harga tinggi di atas Rp500.000.000.


Alta Motors Redshift MX

  • Alta Motors Redshift MX

Apa Anda merasa dua sepeda motor listrik sebelumnya masih terlalu mahal? Tenang, ada Alta Motors Redshift MX yang lebih terjangkau dengan spesifikasi yang tidak kalah sangar. Sepeda motor listrik ini mempunyai desain offroad dan memungkinkannya untuk melintasi jalur-jalur menantang dengan baik. Kecepatan maksimal yang dapat ditempuh Alta Motors Redshift MX sekitar 140 kilometer per jam.

Daya listrik yang menjadi asupan Alta Motors Redshift MX pun sangat powerfull untuk ukuran motor trail. Hal ini dikarenakan sepeda motor listrik tersebut sanggup mencapai torsi sampai 162 NM dengan tenaga maksimal 40 Hp. Sementara untuk harga, satu unit Alta Motors Redshift MX dibanderol dengan harga yang tidak sampai Rp200.000.000 per unitnya.


Victory Empulse TT

  • Victory Empulse TT

Sepeda motor listrik berikutnya yang tak kalah menjanjikan adalah Victory Empulse TT yang memiliki gaya streetfighter. Sepeda motor listrik ini sangat cocok dikendarai oleh Anda yang suka touring, karena kecepatan maksimalnya dapat mencapai 160 kilometer per jam dan jarak tempuh terjauh 225 kilometer. Victory Empluse TT bersaing ketat dengan Zero SR yang juga bergaya streetfighter.

Meski begitu, Victory Empulse TT punya spesifikasi ciamik seperti torsi maksimal 82 Nm hingga tenaga maksimal sebesar 54 Hp. Sementara itu, bobot sepeda motor listrik ini lumayan berat, yaitu sekitar 213 kilogram. Di sisi lain, harga Victory Empulse TT relatif lebih murah dibandingkan Zero RS, yakni kurang lebih Rp265.000.000 per unitnya.





Energica EGO

  • Energica EGO

Seolah tidak mau kalah dari sepeda motor konvensional, Energica EGO hadir sebagai salah satu sepeda motor listrik terbaik. Betapa tidak? Energica EGO mempunyai khas MotoGP ber-fairing yang membuat sepeda motor listrik ini mampu melaju kencang. Hal tersebut tidak terlepas dari baterainya yang mampu menyuplai tenaga hingga 11.7 kWh dengan tenaga maksimal hingga 132.1 Hp.

Tenaga tersebut membuat Energica EGO memiliki putaran 4.900 rpm dengan torsi maksimal 195 Nm. Hal ini membuat sepeda motor listrik ini mampu menempuh jarak 0-100 kilometer per jam dalam waktu tiga detik dan topspeed 240 kilometer per jam. Energica EGO yang berbobot 265 kilogram ini dibanderol dengan harga sekitar Rp465.000.000.


Brutus V9

  • Brutus V9

Namanya mungkin akan mengingatkan Anda pada sosok yang mengkhianati Julius Caesar, tetapi spesifikasi Brutus V9 tidak akan pernah membohongi Anda. Terlihat jelas dari konsep sepeda motor yang mengusung desain khas Harley Davidson dengan lampu LED yang memberikan paparan cahaya maksimal. Komponen ini di sisi lain membuat bobot Brutus V9 relatif berat, yakni 355 kilogram.

Kendati demikian, Brutus V9 sanggup mencapai topspeed hingga 115 Mph dengan tenaga maksimal sampai 125 Hp. Belum lagi baterainya yang tersedia dalam dua pilihan, yakni 118 kWh dan 33.7 kWh. Spesifikasi yang mumpuni ini membuat Brutus V9 cocok dikendarai oleh Anda yang menyukai moge atau motor gede dan untuk membelinya, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp432.000.000.


lito sora

  • Lito Sora

Termasuk ke dalam jajaran sepeda motor listrik terbaik, Lito Sora dilengkapi sejumlah spesifikasi dan fitur yang akan memuaskan pecinta otomotif. Sebut saja kecepatannya yang dapat menembus 60 mph dalam keadaan diam. Waktu pengisian baterainya pun hanya membutuhkan waktu 3 jam dan dapat membawa Anda dalam kecepatan maksimal mencapai 118 mph.

Dalam satu kali isi baterai, Lito Sora sanggup menyemburkan tenaga sampai 193 kilometer per jam dengan titik torsi 90 Nm. Dibandingkan sepeda motor konvensional, sepeda motor listrik ini mampu menyaingi Ducati Diavel. Sementara untuk urusan harga, Anda harus merogoh kocek dalam, sebab satu unit Lito Sora bisa dibanderol sampai Rp1 miliar ke atas!


Viar Q1

  • Viar Q1

Terakhir, ada Viar Q1 yang sangat diminati penggemar sepeda motor listrik. Selain itu, Viar Q1 adalah produk anak bangsa Indonesia; hasil kerja sama PT Triangle Motorindo dengan Bosch. Spesifikasi yang disematkan pada sepeda motor listrik ini tidak kalah tangguh dibandingkan yang lain, antara lain dinamo yang sanggup menghasilkan tenaga sampai 1.200 watts.

Baterai jenis valve regulated lead acid dapat membuat Viar Q1 melaju dalam kecepatan maksimal 60 kilometer per jam. Sekilas, Viar Q1 memang belum setangguh sepeda motor listrik yang lain, tetapi bukan berarti tidak patut mendapatkan apresiasi. Harga yang dibanderol untuk satu unit Viar Q1 pun tidak akan membuat Anda bangkrut, yakni kurang lebih Rp16.000.000 saja.

Sepeda Motor Listrik Terbaik dan Paling Populer di Indonesia

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: