Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Jaringan 5G

Bacaan Asik – Jaringan 5G adalah generasi berikutnya dari konektivitas internet mobile. Menawarkan kecepatan lebih cepat dan koneksi yang lebih andal pada smartphone dan perangkat lain daripada sebelumnya. Menggabungkan teknologi jaringan mutakhir dan perangkat berspesifikasi tinggi terbaru, 5G menawarkan koneksi yang jauh lebih cepat daripada sambungan yang ada. Dengan kecepatan unduhan rata-rata sekitar 1GBps yang diharapkan segera menjadi standar baru.

Jaringan-jaringan tersebut diharapkan akan membebani teknologi Internet of Things. Menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membawa sejumlah besar data yang memungkinkan dunia yang lebih cerdas dan lebih terhubung.

Jaringan 5G Telah Diluncurkan di Seluruh Dunia

Banyak yang bekerja bersama teknologi 3G dan 4G yang ada untuk menyediakan koneksi yang lebih cepat di mana pun Anda berada. 5G tersedia di banyak negara di dunia. Sejumlah pengumuman telepon 5G dibuat pada tahun 2019. Dan kita juga berharap akan lebih banyak lagi datang di tahun 2020. Namun hanya sedikit yang tersedia saat ini, dan pilihannya dibatasi oleh negara dan operator.

Di Amerika Serikat, sebagian besar operator mendukung Samsung Galaxy S10 5G, Samsung Note 10 Plus 5G, dan LG V50 ThinQ 5G. Sprint secara eksklusif menawarkan OnePlus 7 Pro 5G, sementara T-Mobile memiliki OnePlus 7T Pro 5G McLaren Edition. Opsi 5G yang terjangkau tetap ada di Verizon sebagai ponsel yang kompatibel dengan Moto Mod 5G Motorola, yang mencakup Moto Z4 mid-range, Moto Z3, dan Moto Z2 Force. Verizon dan AT&T juga mendukung hotspot seluler 5G, yang memberikan kecepatan lebih tinggi tetapi tidak top untuk ponsel 4G LTE yang ada.



Untuk Inggris, ada sembilan ponsel 5G. Samsung Galaxy S10 5G, Oppo Reno 5G, OnePlus 7 Pro 5G, Xiaomi Mi Mix 3 5G, Huawei Mate 20 X 5G, LG V50 ThinQ 5G, Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G, OnePlus 7 Pro 5G, dan yang masif Samsung Galaxy Fold 5G.

Di Australia, lima smartphone 5G saat ini tersedia. Oppo Reno 5G, Xiaomi Mi Mix 3 5G, Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G, dan LG V50 ThinQ 5G. Samsung Galaxy S10 5G tersedia dalam konfigurasi 256GB dan 512GB.

Seberapa cepat 5G?

Kecepatan 5G akan bervariasi di antara lokasi, negara, operator, dan perangkat. Tetapi secara keseluruhan, kecepatan internet rata-rata seharusnya jauh lebih besar daripada yang saat ini ditawarkan pada 4G.

Untuk di Indonesia, 5G sepertinya masih belum tersedia dalam waktu dekat ini. Kemungkinan terdekat untuk 5G ada di tahun 2022.