Satgas Klaim Lonjakan Kasus COVID-19 RI Tertangani Baik, Balap India dan Turki

Jakarta

Satgas Penanganan COVID-19 menyebut penurunan kasus COVID-19 RI layak bersanding dengan dengan sejumlah negara yang sempat mengalami lonjakan kasus COVID-19 dan sukses menurun dalam waktu terhitung singkat. Antara lain India, Jepang, Vietnam, dan Turki.

Lonjakan kasus di Indonesia disebut sukses ditekan hingga 90 persen dalam waktu sebulan dan bertahan hingga lima bulan terakhir.

“Lonjakan kasus (India) bisa mencapai 414.433 kasus dalam satu hari, berlangsung selama 3 bulan. Akhirnya berhasil turun hingga 90 persen dalam waktu 1 bulan penurunan ini terus bertahan hingga saat ini menandakan penurunan bertahan selama 5 bulan,” terang juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers virtual, Kamis (7/10/2021).

Selain itu, Jepang dan Vietnam juga disebut sebagai negara yang sempat mengalami lonjakan kasus COVID-19 dan sukses menurun dalam waktu dua bulan. Prof Wiku menyebut, lonjakan kasus Jepang sempat terjadi selama satu bulan dengan kenaikan aksus hingga 26.121 dalam 1 hari. Kemudian, penurunan sebanyak 98 persen terjadi dalam 2 bulan.

“Vietnam sempat menjadi negara dengan penanganan COVID-19 terbaik di dunia dan hampir berhasil mengeradikasi COVID-19 sepanjang tahun 2020 dan awal 2021. Namun tiba-tiba kasusnya melonjak selama 2 bulan hingga mencapai puncak dan berhasil turun 73 persen dalam 2 bulan,” ujarnya.

Prof Wiku menyebut, Indonesia terbilang cukup baik dalam menghadapi lonjakan kasus COVID-19 kedua, dibandingkan negara-negara lain yang juga diserang varian Delta. Namun begitu, memang terdapat banyak faktor yang memengaruhi penanganan COVID-19 di setiap negara berbeda.

“Dibanding negara-negara tersebut, Indonesia terbilang cukup baik dalam menghadapi kenaikan kasus pada lonjakan kedua. Hal ini dibuktikan dengan lonjakan kasus yang hanya berlangsung selama 2 bulan. Lebih baik dari India dan Turki yang butuh 3 bulan untuk akhirnya dapat turun,” pungkasnya.


Terima kasih telah membaca artikel

Satgas Klaim Lonjakan Kasus COVID-19 RI Tertangani Baik, Balap India dan Turki