Sampaikan Harapan, Pasien Esperanza yang Sembuh dari HIV Buka Suara

Jakarta

Esperanza Patient atau pasien Esperanza tengah jadi buah bibir. Ia mengalami kasus super langka, dinyatakan ‘sembuh’ secara alamiah dari HIV (human immunodeficiency virus) tanpa menjalani treatment.

Kepada STAT News Globe, pasien asal Argentina yang tidak disebutkan namanya ini menyampaikan harapannya. Ia juga menyampaikan, kondisinya saat ini sehat dan hidup bersama anak pertama yang bebas HIV.

“Hanya berpikir bahwa kondisi saya dapat membantu mencapai penyembuhan untuk virus ini membuat saya merasakan tanggung jawab dan komitmen yang besar untuk mewujudkannya,” tulis pasien Esperanza.

Saat ini, pasien Esperanza juga tengah mengandung anak kedua.

“Saya memiliki keluarga yang sehat. Saya tidak perlu berobat, dan saya hidup seolah-olah tidak ada yang terjadi. Ini sudah merupakan hak istimewa,” katanya.

Nama Esperanza diambil dari kota tempat kelahirannya, yang kebetulan juga berarti ‘harapan’. Diharapkan, kasus langka yang dialaminya bisa menjadi inspirasi bagi para ilmuwan untuk menemukan terapi penyembuhan yang efektif untuk infeksi HIV.

Kasus langka seperti dialami pasien Esperanza tercatat hanya ada dua kasus di seluruh dunia. Sebelumnya, beberapa kasus ‘sembuh’ dari HIV terjadi setelah menjalani transplantasi stem cell.


Terima kasih telah membaca artikel

Sampaikan Harapan, Pasien Esperanza yang Sembuh dari HIV Buka Suara