Rumah Panjang Sanggau, Keindahan Rumah Adat di Kalimantan

Rasanya belum ke kalimantan kalau kamu belum datang ke rumah adatnya. Dimana, bentuknya yang menakjubkan membuat kamu wajib melihatnya. Di Kabupaten Sanggau sendiri ada Rumah Panjang yang cukup mengesankan. Warga sekitar menyebutnya sebagai Betang Raya Ndori Mpulor.

Rumah kebanggaan warga Dayak ini tampak megah dan mewah. Menurut sejarahnya baru saja diresmikan pada tahun 2012 oleh Gubernur Kalimantan Selatan. Dalam pembangunannya pun tidak boleh menyimpang dari hukum adat yang berlaku lho.

Mengenal Betang Raya Ndori Mpulor

Luas lahannya kurang lebih 7 hektar bentuknya memanjang dan memiliki 16 pintu. Tiang penyangga yang digunakan cukup besar dan tinggi. Tujuannya adalah menghindari adanya hewan buas yang sering datang. Maklumlah, kawasan Kalimantan dulunya masih berupa hutan yang menjadi habitat bagi hewan-hewan buas.

Tempat ini bukan digunakan untuk tempat tinggal masyarakat. Melainkan, digunakan sebagai kegiatan-kegiatan upacara adat. Biasanya dilaksanakan setiap tahun saat acara panen raya.

Kamu bisa melihat tangga untuk naik ke rumah ini hanya ada tiga atau empat saja. Dalam bangunannya terdapat beberapa tempat seperti, Pontat yang digunakan untuk menjemur padi atau juga beberapa barang lain agar terhindar dari hewan-hewan ternak.

Ada lagi bernama Sidok, yaitu bagian bangunan yang menempatkan alat untuk mengolah padi seperti lesung. Bangunan ini dibuat jalan sehingga, mudah bagi siapa saja untuk masuk ke dalam rumah.

Bagian Bangunan Lainnya

Tidak hanya cukup sampai disitu saja, Rumah adat ini masih mempunyai beberapa bagian lagi. Mulai dari balai-balai yang konon dikhususkan untuk tempat berkumpul masyarakat. Biasanya hanya untuk waktu malam hari dan biasanya hanya para lelaki saja.

Dari sini, kamu juga bisa melihat Pinai. Sebuah tempat tidur yang terbuat dari kayu. Pinai ini digunakan untuk hanya untuk kaum lelaki yang belum menikah. Ada juga Songkumat yang merupakan bagian dari atap rumah yang dapat dibuka dan ditutup seperti bagian dari jendela. Agar, bagian dalam ini tidak semakin gelap.

Cara Menuju ke Betang Raya Ndori Mpulor

Rumah adat ini terletak di Jalan Raya Sanggau – Bodok, Desa Lape, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Menuju ke Kabupaten Sanggau, kamu harus singgah dahulu ke Pontianak. Sudah banyak maskapai yang menyediakan rute ke kota ini.

Nah, setelah dari Bandara Supadio, kamu bisa menyewa kendaraan yang ada di sekitar kawasan  atau kamu bisa meminta untuk pihak rental mengantar ke Bandara. Dengan harga yang bervariasi mulai dari 75 ribu rupiah dengan kondisi yang cukup bagus dan syaratnya pun juga cukup mudah lho.

Dari sini, kamu bisa menempuh kurang lebih 3 jam 45 menit dengan jarak kurang lebih 178 kilometer. Melewati beberapa kabupaten dengan jalanan yang sudah mulus dan halus lho. Bila bingung, kamu juga bisa bertanya ke penduduk sekitar. Disarankan untuk datang saat upacara adat ya. Karena, tempat ini akan sangat ramai.

Penginapan Sekitar

Sayangnya, di Kabupaten Sanggau ini tidak banyak yang bisa kamu pilih. tetapi, untungnya ada penginapan yang dekat dengan Rumah Panjang ini lho. Jaraknya hanya 14 menit saja, dengan jarak 11,3 kilometer. Namanya adalah The Garden Palace Hotel yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Ilir Kota, Kapuas, Kabupaten Sanggau, kalimantan Barat.

Rumah Panjang Sanggau, Keindahan Rumah Adat di Kalimantan

Ada beberapa kamar yang bisa kamu pilih mulai dari 380 ribu rupiah saja. Kamar Deluxe twin dengan kapasitas hanya 2 orang dengan luas kamar 30 meter persegi. Kamar ini bebas dari asap rokok lho, ditambah dengan air panas, AC serta adanya mesin untuk membuat minum teh dan kopi.

Selain itu, ada lagi televisi, deks,  serta curtains dengan kamar mandi pribadi dan akan mendapatkan sarapan gratis serta akses free wifi. Ada juga kamar dengan fasilitas balkon dan bathtub dengan harga mulai dari 780 ribu rupiah.

Kesimpulan

Rumah Panjang Sanggau menjadi salah satu tempat yang sangat mengesankan. Disini, kamu bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan. Jangan lupa kamu bawa kamera jahat kamu agar bisa diabadikan dan kamu pamerkan ke dalam berbagai media sosial. Jadi, jangan sampai kamu ketinggalan untuk menikmati tempat ini ya.

Rumah Panjang Sanggau, Keindahan Rumah Adat di Kalimantan

Terima kasih telah membaca artikel

Rumah Panjang Sanggau, Keindahan Rumah Adat di Kalimantan