RK Sebut Corona B117 Ditemukan di Karawang, UNPAD Akan Diminta Meneliti

Jakarta

Varian baru virus Corona Inggris B117 yang diyakini 70 persen lebih menular sudah masuk Indonesia. Hal ini diungkap oleh Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono yang mengumumkan ada dua kasus varian Corona dari Inggris.

“Saya mendapatkan informasi bahwa tepat dalam setahun ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia,” ungkapnya dalam konferensi pers setahun pandemi Corona RI, Selasa (2/3/2021).

Varian baru asal Inggris ini disebutkan terdeteksi di Karawang. Hal ini dikonfirmasi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia menyebutkan, varian B1117 telah ditemukan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Kang Emil menyebut pemerintah provinsi saat ini akan melakukan penelusuran lebih lanjut guna mengantisipasi penyebaran mutasi baru.

“Varian baru virus Corona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim UNPAD (Universitas Padjadjaran) untuk meneliti UK B117 ini,” ujar Ridwan Kamil di RSP Unpad, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Kang Emil mengatakan akan berkoordinasi dengan UNPAD untuk mengetahui lebih lanjut terkait protokol kesehatan COVID-19 apakah sama dengan pasien yang tidak teridentifikasi varian baru ini.

“Apakah sama perlakuan 3M dan 3T ini ? kami mohon agar ada penelitian, sehingga kami selaku pengambil keputusan secara tepat bisa merespon dengan cara terukur,” lanjutnya.

Dengan adanya varian baru yang terdeteksi tersebut, Kang Emil meminta agar warga tetap tenang dan tidak panik. Langkah antisipasi pun sudah dilakukan sejak awal karena satgas memprediksi bahwa virus ini akan bermutasi.

“Ikhtiar kita sesuaikan dan kita tingkatkan,” pungkas Emil.

Terima kasih telah membaca artikel

RK Sebut Corona B117 Ditemukan di Karawang, UNPAD Akan Diminta Meneliti