Ritual yang Dilakukan Valentino Rossi di Setiap Balapan

IDRTimes.com – Bagi para penggemar MotoGP pasti mengenal nama Valentino Rossi. Penampilan legenda balap darat roda dua ini selalu ditunggu-tunggu. Setiap apa yang dilakukan Valentino Rossi pun selalu menarik sejumlah perhatian. Dan apakah kamu tahu jika banyak ritual yang dilakukan Valentino Rossi di setiap balapan yang akan dilakukannya?

Pebalap yang mengoleksi sembilan gelar juara dunia Grand Prix itu biasanya melakukan ritual pertama beberapa jam sebelum ia melakukan balapan. Yang pertama dilakukannya adalah menyaksikan start balapan Moto3 dari pinggir sirkuit. Valentino Rossi akan memastikan dan menghitung kira-kira berapa detik transisi yang dibutuhkan saat pergantian lampu merah hingga lampu hijau, serta waktu hingga balapan dimulai.

Hal itu dilakukannya supaya bisa mengatur permulaan yang optimal dari garis start. Hingga kini, ritual tersebut masih selalu dilakukan The Doctor. Namun tidak diketahui sejak kapan dirinya melakukan ritual tersebut. Ritual ini pun jarang mendapat sorotan kamera.

Setelahnya, Valentino Rossi memiliki ritual untuk berbicara dengan sepeda motor. Pebalap 37 tahun tersebut selalu melakukan ritual berbicara dengan sepeda motornya sebelum menunggangi tunggangannya tersebut.



“Ritual itu momen untuk fokus dan berbicara dengan sepeda motor saya, seperti pindah dari satu tempat ke tempat lainnya,” ucap Valentino Rossi.

Baca juga: Kawasaki All New Ninja 250 versi 2018 – Review & Harga

Walaupun hanya untuk sekadar tes, latihan bebas, babak kualifikasi, hingga akan dimulainya balapan, ritual pertama yang dilakukan sebelum menaiki motor adalah berdiri dengan jarak kurang lebih satu meter dari sepeda motor. Ia kemudian membungkuk dan berusaha menggapai pergelangan kaki. Valentino Rossi kemudian akan berjongkok sambil memegang pijakan kaki sepeda motor. Kemudian, sang legenda balap itu seolah-olah sedang berbicara kepada sepeda motor.

Selanjutnya, saat menaiki sepeda motor, Valentino Rossi selalu naik dari sebelah kanan dan turun dari sebelah kiri. The Doctor juga sering terlihat membetulkan letak kostum yang dikenakannya pada bagian bawah, tepatnya bagianĀ  bokong, baik sebelum atau sesudah menunggangi sepeda motor. Dan seluruh ini hampir selalu berhasil tersorot kamera.

‘Doctor Dangle’; Gerakan Kaki Turun a la Valentino Rossi

Selain ritual yang dilakukan Valentino Rossi sebelum balapan, ada juga ritual yang memang dilakukannya pada saat balapan. Kamu juga pasti sering memperhatikan The Doctor menurunkan kaki saat membelokkan sepeda motornya berada di tikungan. Ritual ini awalnya dilakukan di tahun 2005, saat Valentino Rossi membalap rivalnya pada saat itu, Sete Gibernau di tikungan terakhir balapan di Jerez, Spanyol.

Saat itu dirinya melakukan pengereman yang cukup dalam, dan disertai dengan menurunkan sebelah kakinya untuk mencoba mengendalikan laju kecepatan sepeda motornya. Dari sejak itu, gerakan kaki turun a la Valentino Rossi tersebut disebut ‘Doctor Dangle‘. Hal itu juga menjadi standar bagi para pebalap saat melakukan manuver di tikungan.

Namun hingga saat ini, belum ditemukan penjelasan pastinya mengapa para pebalap melakukan ‘Doctor Dangle‘ itu, termasuk sang pencetus. Beberapa orang mengatakan hal itu dilakukan untuk menambah stabilitas saat pengereman dengan memindahkan pusat gravitasi saat berbelok. Beberapa juga mengatakan akan menambah daya pengereman sehingga lebih cepat saat mengerem dibanding tanpa bantuan kaki. Dan yang mengejutkan, beberapa pebalap hanya ingin mengikuti gaya Valentino Rossi untuk hanya mengikuti sebagai sebuah tren.

Satu-satunya pebalap yang tidak melakukannya adalah pebalap Ducati, Jorge Lorenzo. Pebalap asal Spanyol itu tidak mengharuskan hal itu dilakukan untuk pebalap sekelas MotoGP. Lorenzo pun lebih memilih untuk melakukan pengereman lebih dulu sebelum ia melewati tikungan.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: