Review Oppo Find X5 Pro , Pakai Kamera Hasselblad

Oppo baru-baru ini merilis Smartphone Find X5 Pro 5G, perangkat satu ini dirilis dengan kamera yang dibangun dari bekerja sama dengan Hasselblad. Hasselblad merupakan perusahaan pembuat kamera dari Swedia yang terkenal dengan kamera medium format.

Di atas kertas, perangkat ini hadir dengan beberapa spesifikasi kamera yang patut diperhatikan seperti pengaturan tiga kamera di bagian belakan. Lebih jauh lagi, kolaborasi ini berarti bahwa ponsel ini hadir dengan fitur-fitur eksklusif berkemampuan Hasselblad seperti Natural Color Calibration saat menggunakan mode Pro, XPan, dan banyak lagi.

Review Oppo Find X5 Pro , Pakai Kamera Hasselblad

Untuk lebih jelasnya mari kita sama-sama jabarkan.

Tampilan 

Oppo Find X5 Pro hadir dalam dua sentuhan warna yang memukau yaitu Glaze Black dan Ceramic White, yang menghiasi bodi keramik premium yang berbobot dan bingkai aluminium halus yang dipoles dalam smartphone satu ini.

Bagian belakang Oppo Find X5 Pro ini memiliki tonjolan kamera tidak seperti ponsel lain yang pernah kami lihat. Alih-alih tonjolan gaya step-up yang terasa terpisah dari bagian ponsel lainnya, Oppo merancang kluster kamera yang meleleh ke bagian badan smartphone ssehingga  menciptakan hasil akhir yang mulus.

Ini tentu saja unik dan menarik, dan sama mengesankannya dengan sistem kamera yang ada di dalamnya. Di dalamnya terdapat jajaran kamera Hasselblad yang tangguh, terdiri dari kamera utama 50MP, kamera ultra lebar 50MP yang mencapai bidang pandang 110 derajat, dan kamera telefoto 13MP.

Review Oppo Find X5 Pro , Pakai Kamera Hasselblad

 

Di bagian depan smartphone ini terdapat layar melengkung 6,7 inci yang berjalan pada resolusi 3216 x 1440 (525ppi) dalam rasio aspek 20:9, dan layar LTPO AMOLED mendukung kecepatan refresh yang bervariasi sampai dengan 120Hz. Layar Oppo Find X5 Pro memiliki kamera berlubang yang terletak di sudut kiri atas yang dapat digunakan untuk pengenalan wajah dan tetap tidak mengganggu pengalaman menonton. Ada juga pemindai sidik jari di bawah layar untuk otentikasi biometrik.

Untuk kualitas gambar, Oppo Find X5 Pro ini terbilang jernih dan memberikan kinerja HDR yang solid, membuat pengalaman menonton yang lebih menyenangkan secara keseluruhan. Ketika menonton di layar Oppo Find X5 Pro, pengalaman menonton akan tampak hebat di layar AMOLED.

Secara default, Oppo hadir dalam mode Vivid yang sedikit berlebihan yang cenderung terlalu menonjolkan warna, meskipun ada serangkaian pengaturan gambar, termasuk mode Cinematic yang menggunakan Display P3 untuk reproduksi warna yang tampak setia, serta Brilliant. mode yang menggunakan gamut warna terluas untuk gambar yang hampir menyilaukan. Terdapat juga opsi untuk menyesuaikan suhu warna di beberapa preset. Meski begitu, terlepas dari sejumlah besar penyesuaian, Find X5 Pro tidak pernah mencapai akurasi sinematik dari saingannya yaitu Sony-nya, terutama ketika yang terakhir dalam Mode Otomatis.

Chipset

Oppo Find X5 Pro menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang dipasangkan dengan RAM 12GB. Keduanya membuat smartphone ini dapat berjalan dengan lancar. Aplikasi dimuat dengan cepat dan ada opsi manajemen perangkat lunak yang berguna untuk memastikan ponsel berjalan dengan efisiensi maksimum. Namun, ada beberapa contoh di mana perangkat lunaknya agak mengganggu. Misalnya, ketika Anda mencoba untuk menutup semua aplikasi dan smartphone mengsugestikan bahwa kita tidak perlu menutup semua aplikasi. Android 12 ditanamkan dalam Opo Find X5 Pro ini, dengan antarmuka ColorOS dari Oppo.

Kamera

Kamera belakang Oppo Find X5 Pro 5G terdiri dari kamera utama 50MP, kamera ultra lebar 50MP yang mencapai bidang pandang 110 derajat, dan kamera telefoto 13MP.. Sistem kamera pada Oppo Find X5 Pro ini sangat ideal untuk fotografer pemula, dengan setiap lensa yang diperlukan untuk menangkap target jarak dekat, atau memotret pemandangan luas menjadi satu bidikan. Warna terlihat mencolok dan bersama dengan layar ponsel yang berwarna-warni, Find X5 Pro adalah pendamping yang ideal untuk mengambil gambar saat bepergian.

Find X5 Pro juga menampilkan branding Hassleblad yang menonjol. Terdapat filter gaya foto antik Hasselblad “xpan” khusus, serta mode fotografi Pro yang disetel warna Hassleblad yang konon memberikan warna lebih alami.

Sementara itu, kamera depan Find X5 Pro sama sekali kurang mengesankan. Berukuran 32MP, f/2.4 21mm dan terbatas pada resolusi 1080p pada maksimum 30 frame per detik. 

Review Oppo Find X5 Pro , Pakai Kamera Hasselblad

Baca Juga

Baterai dan Audio

Dibundel dalam kemasan Oppo Find X5 Pro, adaptor pengisian daya yang hadir adalah SuperVooc 80W. Sangat menyenangkan ketika pengisi daya yang dibundel dalam kemasan sudah dapat mengisi daya ponsel dengan kecepatan tinggi. Disinyalir pengisian daya 50 persen hanya membutuhkan waktu 12 menit.

Oppo mengklaim teknologi baterai baru mereka harus menghasilkan 1600 siklus pengisian sebelum baterai 5000mAh diturunkan ke kapasitas 80%. Ini berbeda dengan rata-rata industri 500 hingga 800 siklus, sehingga umur keseluruhan perangkat harus sangat baik.

Meskipun gambar Oppo Find X5 Pro secara keseluruhan bagus, namun agak dikecewakan oleh kinerja audionya, dengan kurangnya ekspresi dinamis dan penggerak berirama, serta bass yang sedikit lembek saat menggunakan berbagai headphone yang dengan USB pihak ketiga yang diperlukan. -C ke adaptor 3.5mm. 

Instrumen yang dihasilkan Oppo Find X5 Pro tidak memiliki tekstur dan gema. Hal yang sama dapat dikatakan sehubungan dengan speaker Oppo. Mereka juga mengacaukan karya-karya seperti musik klasik dengan pengaturan yang sama terkompresi, sesak dan kurangnya definisi secara keseluruhan, menghambat komposisi besar karya tersebut dan menjadikannya pilihan yang kurang ideal.

Untuk sesuatu yang lebih konvensional, lagu-lagu pop masih terdengar bagus, meskipun tidak jauh lebih baik dari suara yang dihasilkan lagu klasik. Bassline yang berdebar pasti ada, tetapi tidak memiliki definisi dan terdengar agak lembut. Untungnya, bassnya tidak terlalu sombong, jadi vokalnya tetap jernih dan tidak nyaru dengan suara musik.

Selain itu ada beragam spesifikasi lain yang turut hadir pada Oppo Find X5 Pro ini antara lain dukungan Dolby Atmos di aspek audio, WiFi 6, Bluetooth 5.2, dan NFC. Untuk harganya Oppo Find X5 Pro ini dibandrol dengan harga Rp.14.999.000.

Terima kasih telah membaca artikel

Review Oppo Find X5 Pro , Pakai Kamera Hasselblad