Quiet Mode Baru Facebook Batasi Waktu di Sosial Media

Bacaan Asik – Facebook baru saja meluncurkan fitur baru yang disebut Quiet Mode. Quiet Mode baru Facebook memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan pemberitahuan push aplikasi untuk jangka waktu tertentu untuk meminimalkan gangguan. Jaringan media sosial ini mengumumkan pembaruan di pos COVID Newsroom.

Quiet Mode dapat diatur sehingga secara otomatis menonaktifkan notifikasi pada waktu yang ditentukan. Atau pengguna dapat menyalakan atau mematikannya secara manual. Misalnya, jika Anda sedang bekerja, Anda dapat mengaktifkan Quiet Mode selama jam-jam ini, sehingga Anda tidak akan terganggu oleh notifikasi. Jika Anda memutuskan untuk membuka Facebook saat Anda dalam Quiet Mode, Anda akan mendapatkan pengingat bahwa Anda telah mengatur waktu ini di samping tujuan Anda membatasi waktu Anda di aplikasi.

Facebook juga akan meluncurkan bagian baru, di mana Anda dapat mengakses Quiet Mode bersama data lain yang menunjukkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan di jejaring sosial. Di bagian ini, Anda dapat melacak dan melihat tabel agar Anda memiliki gagasan tentang konsumsi harian Anda atas Facebook. Dan juga, berapa banyak waktu yang Anda habiskan di platform pada siang dan malam hari.

Sudah Coba Quiet Mode Baru Facebook?

Sudah ada fitur ‘time spent’ di Facebook, yang diperkenalkan pada 2018. Tetapi penampilannya telah berubah agar lebih sesuai dengan gaya fitur yang baru ini. Facebook juga telah menambahkan data informatif lainnya, seperti jumlah kunjungan, biaya waktu hari, dan tren minggu ke minggu.



Pembaruan baru Facebook adalah yang terbaru dari serangkaian upaya yang telah dilakukan perusahaan untuk mempromosikan ‘kesejahteraan digital’ di kalangan pengguna. Gerakan ini mempromosikan gagasan bahwa aplikasi dan smartphone itu sendiri tidak dibangun dengan mempertimbangkan kebutuhan kesehatan mental penggunanya. Sebaliknya, ini hanya membuat kita menatap layar lebih lama dari biasanya.

Karena pengguna kini sadar bahwa mereka bisa kecanduan gadget dan aplikasi, kini ada pandangan negatif terhadap teknologi tersebut. Perusahaan juga telah menguji fitur-fitur lain, termasuk cara untuk menyembunyikan berapa banyak ‘like’ yang diterima dalam postingan di Facebook dan Instagram.

Facebook mengatakan belum semua pengguna memiliki fitur tersebut. Ini akan terus mengirimkan fitur selama bulan ini untuk pengguna iOS. Sementara pengguna Android akan mulai mendapatkan fitur pada Mei sepanjang Juni.