Prediksi Terbaru Pakar WHO, Kapan Pandemi COVID-19 Berakhir?

Jakarta

Berbagai prediksi soal berakhirnya pandemi COVID-19 terus bermunculan. Banyak pakar sebelumnya yang menyebut pandemi COVID-19 ini baru bisa berakhir 4-5 tahun ke depan berkaitan dengan cangkupan vaksinasi.

Namun, direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) regional Eropa, Hans Kluge, mengatakan COVID-19 bisa saja berakhir pada awal tahun 2022 mendatang.

“Skenario terburuk pandemi telah berakhir,” kata Kluge saat berbincang dengan lembaga penyiaran DR, Denmark.

Kluge yakin, meski mutasi COVID-19 banyak dilaporkan di sejumlah negara, sepertinya itu tidak akan berpengaruh pada vaksin Corona yang sedang dikembangkan. Tak hanya itu, ia juga mengatakan di tahun 2021 ini, negara-negara di dunia mungkin sudah mulai bisa mengatasi pandemi COVID-19.

“COVID-19 masih akan mewabah pada tahun 2021, tetapi akan lebih mudah dikelola daripada tahun 2020,” lanjutnya.

Selain itu, Kluge menilai bahwa berbagai pembatasan yang dilakukan saat ini untuk mencegah penyebaran COVID-19, sudah bisa dicabut di awal 2022 nanti. Meskipun berbagai varian baru Corona sudah menyebar, virus tersebut masih tetap bisa dikendalikan dengan baik.

“Mutasi tidak akan membuat virus di luar kendali. Tetapi, mencatat bahwa negara-negara yang sistem perawatan kesehatannya sudah di bawah tekanan dapat berada di bawah tekanan yang lebih besar, sehingga perlu untuk menanggapi mutasi dengan sangat serius,” jelas Kluge.

Sampai saat ini, Kluge mengatakan pihak WHO masih terus memantau efektivitas vaksin Corona yang ada saat ini. Hal ini dilakukan untuk memastikan vaksin tersebut juga bisa melawan varian baru virus Corona yang diyakini lebih menular.

Terima kasih telah membaca artikel

Prediksi Terbaru Pakar WHO, Kapan Pandemi COVID-19 Berakhir?