Positif COVID-19, Butuh Waktu Berapa Lama untuk Sembuh? Ternyata Ini Jawabannya

Jakarta

Seiring lonjakan kasus COVID-19, meningkat juga jumlah pasien COVID-19 yang harus menjalani isolasi mandiri (isoman). Beberapa pertanyaan yang paling sering muncul, berapa lama isolasi harus dijalankan? Bagaimana jika sudah mencapai batas hari isoman, tetapi kondisi fisik tak kunjung benar-benar fit 100 persen?

Pakar penyakit menular Amerika Serikat, dr Faheem Younus menjelaskan, wajar jika pasien COVID-19 membutuhkan waktu yang tak singkat untuk benar-benar pulih. Sebab, COVID-19 memang bukan seperti flu biasanya yang idealnya, sembuh sendiri dalam waktu cukup seminggu.

“Ini bukan flu. Ini (COVID-19) tidak akan membaik 100 persen dalam waktu 1 atau 2 minggu. Yang terjadi adalah, jika Anda mengalami kasus COVID-19 yang buruk, Anda akan mencapai poin pemulihan ini (80 persen) dalam seminggu pertama,” kata dr Faheem dalam diskusi daring Humanity First Indonesia, Sabtu (17/7/2021).

“Sisa 20 persennya, Anda akan membutuhkan waktu, tapi Anda akan berlanjut memulih. Dalam 2 minggu 80 persen membaik, dan sisa 20 persennya bisa membutuhkan waktu 6 sampai 8 minggu,” lanjutnya.

Menurutnya, wajar jika pasien membutuhkan waktu lebih dari 1-2 minggu untuk benar-benar fit kembali. Ia mengingatkan, selama pasien tidak mengalami perburukan kondisi, itu artinya pasien tengah berproses dalam pemulihan.

Ia menambahkan, pasien COVID-19 diperbolehkan melakukan pengobatan yang biasa dilakukan pada demam umumnya. Seperti mengonsumsi ibuprofen, menggunakan nasal spray, uap air hangat, atau air garam.

Namun yang tak kalah penting, yakni penanganan tepat agar semasa pemulihan, virus tak menular pada orang lain. Mengingat, virus Corona umumnya ada pada tubuh pasien selama 10 hari.

“Perbanyak tidur, makan bergizi, pastikan Anda melindungi keluarga dan isolasi diri Anda sebanyak mungkin,” beber dr Faheem.

“Setelah 10 hari, tidak ada lagi virus hidup dalam tubuh orang yang sehat. Jadi setelah 10 hari, Anda akan baik-baik saja. Tapi sekali lagi, jika Anda tidak merasa 100 persen membaik setelah 2 minggu, tidak perlu khawatir, itu benar-benar normal. Beri waktu saja,” pungkasnya.


Terima kasih telah membaca artikel

Positif COVID-19, Butuh Waktu Berapa Lama untuk Sembuh? Ternyata Ini Jawabannya