Penerus SS-1 R5, Pasukan Raider Kostrad Gunakan Senapan Serbu Pindad SS-2V5 A1

Sebagai salah satu unit elite TNI AD, pasukan Raider sejak lima tahun silam telah mendapatkan standar senapan serbu yang khas. Hal tersebut dibuktikan dengan diadopsinya Pindad SS-1 R5 yang dirancang untuk Batalyon Raider. Dan, seiring modernisasi persenjataan perorangan, pasukan Raider kini mendapatkan senapan jenis baru, masih dipasokan oleh PT Pindad, senjata tersebut adalah SS-2V5 A1.

Baca juga: SS-1 R5 – Born to Raiders, Senapan Serbu Kompak dari Pindad

Tampil dengan sejumlah upgrade, SS-2V5 A1 masih satu rancangan dengan SS-1 R5, dimana senapan dengan kaliber 5,56 x 45 mm ini mengusung model laras pendek. Adopsi laras pendek menjadi acuan pada senapan Raider, dimana pasukan elite berkualifikasi para ini dipersiapkan untuk berlaga di medan perang modern, perang anti gerilya dan pertempuran jarak dekat. Yang disebut terakhir, pertempuran jarak dekat (PJD) memang lebih efektif jika menggunakan senapan dengan laras pendek.

Dikutip dari divif2kostrad.com (12/1/2021), bertempat di Lapangan Tembak Kembangsari, Salatiga, disebutkan Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad menggelar uji coba koreksi senjata dan latihan menembak senjata dalam rangka mengenal indeks senjata baru yang dimiliki oleh satuan Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad, yaitu SS-2V5 A1.

Penerus SS-1 R5, Pasukan Raider Kostrad Gunakan Senapan Serbu Pindad SS-2V5 A1

Danyonif Mekanis Raider 411 Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, dalam keterangan rilisnya mengatakan, bahwa kegiatan latihan menembak uji coba dan koreksi menggunakan senjata SS-2V5 A1 merupakan dukungan terbaru dari komando atas untuk Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad.

Ditambahkan, keunggulan senjata ini punya jarak tembak efektif 200 meter. SS-2V5 A1 diproyeksikan untuk PJD serbuan ruangan, sehingga ideal bagi pasukan Raider Mekanis dengan alutsista ranpur M113 A1.

Penerus SS-1 R5, Pasukan Raider Kostrad Gunakan Senapan Serbu Pindad SS-2V5 A1

Penerus SS-1 R5, Pasukan Raider Kostrad Gunakan Senapan Serbu Pindad SS-2V5 A1 Bila varian lama, SS-1 R5 masih menggunakan model popor lipat, maka SS-2V5 A1 sudah mengadopsi model popor teleskopik. Pada bagian handguard, disematkan rail (Picatinny Rail MIL-STD 1913) pada kiri, kanan, atas, dan bawah untuk memasang berbagai aksesoris. Kemudian pada rail bawah, sudah terpasang sebuah vertical foregrip yang dapat menambah ergonomi dan kenyamanan dalam penggunaan senjata.

Selain itu, pisir model carry handle diganti dengan model lipat pada rail. Pisir dan pijera ini dapat diganti dengan berbagai jenis teleskop yang dipasang pada rail senjata.

Baca juga: Pindad SS-2 V2/SS-2 V4 Heavy Barrel, Senapan Serbu Sang Juara di AARM 2016

Dari spesifikasi, SS-2V5 A1 punya panjang laras 225 mm, sedangkan panjang keseluruhan 850-853 mm. Bobot SS-2V5 A1 dalam kondisi kosong 3,35 kg, sementara bila dengan magasin terpasang (30 peluru), bobotnya 3,71 kg. Jenis munisi tak ada perubahan, masih sesuai standar 5,56 mm, yaitu MU5-Tj atau SS 109. (Gilang Perdana)

Terima kasih telah membaca artikel

Penerus SS-1 R5, Pasukan Raider Kostrad Gunakan Senapan Serbu Pindad SS-2V5 A1