Pakar Ungkap yang Terjadi Pada Tubuh Menjelang Ajal

Pakar Ungkap yang Terjadi Pada Tubuh Menjelang Ajal

Jakarta

Bagi kebanyakan orang, misteri terbesar di kehidupan manusia adalah kematian. Tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi pada seseorang yang telah meninggal dunia.

Misalnya seperti apa prosesnya, apakah ada kesadaran yang tersisa di saat-saat menjelang kematian, hingga apakah kematian itu seperti tertidur.

“Meninggal adalah pengalaman yang unik bagi seseorang dan orang yang mereka cintai,” kata Dr Patrick Steele, spesialis perawatan paliatif di Victoria’s Palliative Care South East.


“Ada sesuatu yang terjadi lebih dari sekedar perubahan fisiologis yang berkontribusi pada saat-saat seseorang sekarat. Misalnya kepribadian seseorang hingga beban penyakit yang dialami,” jelasnya yang dikutip dari News.com.au, Jumat (23/9/2022).

Perubahan Pola Pernapasan

Selain itu, seseorang yang mendekati kematiannya bisa mengalami perubahan fisiologis tertentu. Salah satunya pola pernapasan yang biasa bisa berubah.

“Terkadang bisa lebih cepat dari biasanya, dan di lain waktu lebih lambat. Pada hari-hari terakhir bisa ada periode di mana ada jeda panjang antara napas,” beber Dr Steele.

“Pernapasan bisa menjadi bising di akhir kehidupan. Ini adalah penumpukan produk atau sekresi limbah tubuh. Seringkali lebih menyusahkan bagi mereka yang mendengarkan daripada individu yang sedang sekarat,” sambungnya.

NEXT: Otak Orang yang Meninggal Tetap Aktif


Terima kasih telah membaca artikel

Pakar Ungkap yang Terjadi Pada Tubuh Menjelang Ajal