NASA Meminta Bantuan Anda, Dengan Bermain Video Game

Artikel Unik – NASA meminta bantuan Anda dan memanggil semua ilmuwan, warga negara dan gamer video untuk bergabung dengan ekspedisi virtual di lautan. Ini dilakukan untuk membantu memetakan terumbu karang di seluruh dunia. Untuk mencapai tujuannya, agensi menciptakan permainan video untuk lebih memahami ekosistem yang terancam ini.

Pusat Penelitian Ames NASA selama bertahun-tahun telah mengembangkan alat baru yang dapat digunakan untuk mengamati permukaan laut secara lebih rinci. Dengan menggunakan kamera khusus yang awalnya dikembangkan untuk melihat bintang-bintang, para peneliti dapat mengamati terumbu karang dengan jelas tanpa distorsi yang diciptakan oleh air.

Namun, NASA membutuhkan lebih banyak bantuan untuk sepenuhnya mengetahui seluruh kisah karang laut karena data saja dari instrumennya tidak cukup. Inilah sebabnya mengapa NeMO-Net dibuat. Sebuah permainan video yang memungkinkan pemain untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan karang menggunakan gambar 3D yang diambil oleh kapal penelitian Ames, Nautilus.

“NeMO-Net memanfaatkan kekuatan paling kuat di planet ini: bukan kamera mewah atau superkomputer, tetapi manusia,” kata penyelidik utama Ved Chirayath di Ames. “Siapa pun dapat memainkan game ini dan memilah-milah data ini untuk membantu kita memetakan salah satu bentuk kehidupan paling indah yang kita tahu.”



NASA Meminta Bantuan Anda dengan Gunakan NeMO-Net

Sementara dibuat menjadi video game, NeMO-Net sebenarnya mencakup data nyata. Yang memungkinkan pemain untuk belajar dan menemukan banyak spesies karang yang ditemukan di lautan. Anda dapat menonton video tentang kehidupan di bawah laut, membaca beberapa panduan, mendapatkan lencana, dan melacak kemajuan Anda.

Ketika pemain menavigasi melalui permainan, mereka sebenarnya membantu superkomputer Pleiades di Ames untuk mengidentifikasi karang. Superkomputer ‘belajar’ dari klasifikasi yang dibuat pemain dengan tangan, menggunakan teknik pembelajaran mesin untuk mengklasifikasikan sendiri.

NASA mendorong siapa pun yang tertarik untuk bermain game untuk membantu meningkatkan kemampuan pemetaan superkomputer Ames. Jika cukup data dikumpulkan, para ilmuwan akan dapat memahami kehidupan di bawah laut. Dan menemukan cara untuk menyelamatkan dan melestarikan terumbu karang kita.

Karang adalah bagian penting dari ekosistem, tetapi mereka juga memainkan peran penting dalam memerangi penyakit. Pada abad ke-21, terumbu karang telah dianggap sebagai ‘lemari obat’. Karena organisme yang hidup di dalamnya digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit seperti kanker dan virus seperti HIV. Anda dapat membantu NASA dengan mengunduh NeMO-Net di AppStore. Rilis Android belum diumumkan oleh Ames Research Center.

Sumber: Ames Research Center