Facebook Luncurkan Messenger untuk Windows dan MacOS

Bacaan Asik – Facebook luncurkan aplikasi Messenger untuk Windows dan MacOS secara global mulai hari ini. Peluncuran ini hampir setahun setelah raksasa jejaring sosial pertama kali mengumumkan rencana untuk membawa aplikasi khusus ke desktop.

Pada konferensi tahunan pengembang F8 di San Jose April lalu, Facebook merinci sejumlah pembaruan besar yang sedang dikerjakannya untuk Messenger. Termasuk aplikasi ringan baru untuk iOS yang dijuluki ‘project lightspeed’, yang akhirnya diluncurkan ke publik bulan lalu. Facebook juga menggoda aplikasi desktop asli baru. Dan selama sebulan terakhir, Messenger for Mac telah terlihat di beberapa pasar di seluruh dunia. Tetapi, peluncuran di seluruh dunia telah dimulai.

Telah ada aplikasi Facebook Messenger yang tersedia untuk pengguna Windows untuk sementara waktu. Namun, ini hanya tersedia melalui Microsoft Store. Dan ada juga versi web selama beberapa tahun. Inkarnasi baru yang diluncurkan hari ini adalah aplikasi desktop Windows sejati dalam arti tradisional. Dirancang dari bawah ke atas, dan yang dapat diunduh dan diinstal dari mana saja seperti aplikasi Windows lainnya.

Peningkatan Pada Video Grup Messenger, Facebook Luncurkan Messenger untuk Windows dan MacOS

Segera setelah wabah COVID-19, Facebook melaporkan peningkatan 70% pada orang yang berpartisipasi dalam panggilan video grup Messenger. Sementara jumlah waktu yang dihabiskan untuk panggilan video grup itu telah meningkat tajam. Dan dengan latar belakang itulah, Facebook membawa Messenger ke jutaan desktop di seluruh dunia saat ini.



“Sekarang, lebih dari sebelumnya, orang menggunakan teknologi untuk tetap berhubungan dengan orang yang mereka sayangi. Bahkan ketika terpisah secara fisik,” kata Stan Chudnovsky, Wakil Presiden Messenger, dalam sebuah posting blog. “Selama sebulan terakhir, kami melihat lebih dari 100% peningkatan orang menggunakan browser desktop untuk panggilan audio dan video di Messenger.”

Dengan aplikasi desktop Messenger yang baru, pengguna sekarang dapat melakukan panggilan video pada layar yang jauh lebih besar. Yang tentunya akan meningkatkan panggilan video. Namun, manfaat yang lebih besar di sini kemungkinan akan berada pada panggilan video grup, di mana banyak teman dalam satu panggilan dimulai agar terlihat agak berantakan di layar smartphone.

Aplikasi desktop juga dirancang untuk skenario yang berbeda. Seseorang lebih cenderung melakukan banyak hal saat berada di PC mereka. Dan dengan demikian, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak tugas dengan mendorong jendela ke samping.

Messenger untuk desktop bukan murni tentang obrolan video. Dan bagi mereka yang akan menggunakannya sebagai layanan perpesanan utama, mereka dapat melihat notifikasi untuk pesan baru, dengan semua yang disinkronkan di semua perangkat yang mereka gunakan menggunakan Messenger.