Menjaga kesehatan di bulan puasa

6 Kebiasaan Sederhana yang Akan Membuat Anda Sehat Sepanjang Ramadan

Ketika Ramadan berlangsung, sebagian besar orang berusaha menjaga kesehatan di bulan puasa lewat memperbanyak waktu tidur. Hal tersebut dikarenakan tidur dianggap sebagai kegiatan yang mempunyai pahala berlipat kalau dilakukan sepanjang Ramadan. Memang tak sepenuhnya salah, tapi kalau sampai berlebihan malah akan berbalik menurunkan kualitas kesehatan Anda.

Lantas, bagaimana caranya supaya tubuh tetap bugar meski tidak makan atau minum selama lebih dari 12 jam? Mari simak tipnya berikut ini.

Tips Sehat Puasa
Tips Sehat Puasa

Selalu Sempatkan Diri untuk Sahur



Seperti halnya sarapan di hari-hari biasa, sahur juga memegang peranan penting saat Ramadan sedang berlangsung. Jika Anda sampai melewatkannya, maka tubuh akan kekurangan sumber energi dan Anda pun bakal lemas seharian. Situasi akan semakin buruk kalau Anda tetap beraktivitas di bulan puasa. Jadi, meski awalnya berat, sempatkanlah diri Anda untuk sahur dengan makanan kaya karbohidrat kompleks dan protein supaya tubuh tetap bertenaga.

Makan Secukupnya saat Buka Puasa

Puasa mengharuskan Anda untuk mengendalikan diri, termasuk di waktu berbuka puasa. Lapar hebat yang menggoda Anda selama berjam-jam tak jarang membuat pengendalian diri runtuh, sehingga Anda pun makan secara berlebihan saat maghrib tiba. Tahukah Anda bahwa makan dalam porsi yang terlalu banyak saat buka puasa berlangsung malah akan meningkatkan berat badan? Maka dari itu, selapar apa pun Anda, makanlah secukupnya supaya perut tidak terkejut.



Hindari yang Terlalu Manis atau Asin

Anggapan berbukalah dengan yang manis rupanya sudah terlalu melekat dan membuat banyak orang memilih teh manis untuk minuman berbuka puasa. Padahal, makanan atau minuman yang mengandung terlalu banyak gula malah akan meningkatkan kadar glukosa. Sementara makanan yang terlalu asin akan membuat Anda cepat dehidrasi. Untuk menjaga kesehatan di bulan puasa, cukup minum air putih serta makan beberapa butir kurma supaya kadar gula darah maupun air kembali normal.

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dehidrasi adalah salah satu kasus yang sering terjadi saat Ramadan berlangsung. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Supaya Anda tidak lemas dan cepat haus saat sedang beraktivitas, usahakan untuk minum air putih dan mengonsumsi buah segar setelah sahur. Hindari minuman seperti kopi, teh, atau soda yang bersifat diuretik. Dengan takaran air putih yang tepat, Anda tidak akan cepat lelah meski harus bekerja di luar ruangan.

Tetap Melakukan Olahraga Ringan

Ramadan tidak lantas menjadi halangan Anda untuk berolahraga. Latihan fisik diperbolehkan selama tak menguras banyak tenaga. Jika biasanya Anda olahraga selama 30 menit sehari, maka selama Ramadan dapat dikurangi durasinya menjadi 15-20 menit sehari. Menggerakkan tubuh akan membantu Anda agar tetap terjaga dan tidak mudah mengantuk. Jangan lewatkan salat wajib maupun sunah yang sarat akan gerakan-gerakan sederhana untuk membugarkan tubuh Anda.

Gosok Gigi Seusai Sahur dan Sebelum Tidur

Kebiasaan terakhir yang akan menjaga kesehatan Anda selama Ramadan adalah menggosok gigi. Anda dapat melakukannya setelah sahur untuk membersihkan makanan dan sebelum tidur. Ketika berpuasa, tubuh Anda membakar cadangan lemak yang secara tak langsung meningkatkan kadat asam. Inilah yang membuat mulut Anda berbau. Dengan menggosok gigi, bau tersebut dapat dikurangi dan Anda juga tak akan mengantuk setelah melakukan sahur.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menjaga kesehatan di bulan puasa !

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: