Menikmati Keindahan Tepian Danau Toba Bersama Keindahan Dewi Tipang

Desa Tipang adalah Desa yang berada di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. Desa ini berada di tepi Danau Toba dan merupakan desa adat. Bagi sahabat Wisato yang mengunjungi Desa Wisata Tipang otomatis bisa menyaksikan keindahan Danau Toba. Salah satu Danau Vulkanis terbesar di dunia.

Jika sahabat Wisato telah berada di Dolok Sanggul sebagai Ibukota Kabupaten Humbang Hasundutan. Maka untuk ke Tipang hanya memakan waktu sekitar 30 menit dengan perjalanan darat.

Masyarakat Tipang juga sangat ramah dan berbudi luhur. Seiring dengan berkembangnya pariwisata di Tipang. Sahabat Wisato akan sangat mudah menemui pemandu wisata disini. Mulai dari pemandu yang bisa berbahasa bilingual ( Indonesia-Inggris ), Pemandu Agrowisata sampai Pemandu Sejarah.

Desa Tipang juga memiliki panorama alam yang sangat indah. Bukan itu saja Desa Tipang juga bisa dijadikan tujuan wisata sejarah. Desa ini membuktikan dirinya dengan terpilih menjadi 50 besar Desa Wisata di Indonesia dalam ADWI tahun 2021.

ADWI ( Anugerah Desa Wisata Indonesia) merupakan program kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Bapak Sandiaga Uno. Bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata Indonesia dan ekonomi kreatif masyarakat daerah wisata.

Desa Wisata Tipang ini dikenal sebagai perkampungan dengan kedaulatan raja napitu atau tujuh marga cucu si Raja Sumba. Telah terbukti di beberapa perkampungan atau huta dalam bahasa Batak Toba, kita dapat menemukan sarkofagus. Sarkofagus atau kuburan batu yang ditemukan bukan main-main melainkan sarkofagus yang mengandung unsur sejarah. Sarkofagus ini berasal dari para leluhur marga usianya sudah ratusan tahun.

Masyarakat Tipang sejak dulu sudah mengandalkan alam dalam bertahan hidup. Mereka juga memanfaatkan lahan kosong dan menjadikannya persawahan sebagai tumpuan hidup. Masyarakat disini masih menggunakan sistem perairan tradisional. Di Desa ini ada Sihali Aek ( organisasi pengairan). Sihali Aek ini berada dalam organisasi Bius ( Konfederasi kampung). Organisasi Bius berfungsi terkait pengaturan batas dan penggunaaan tanah secara komunal serta sistem pertanian dan dibentuk berdasarkan kearifan lokal.

Baca Juga : Menikmati Kecantikan Dewi Sambi,Desa Wisata Tercantik Di Kabupaten Sleman

Sejak dahulu organisasi ini sudah ada. Mereka berhubungan dengan penjagaan kelestarian sumber air irigasi dan menjaga distribusi air yang merata ke lahan persawahan masyarakat. Benar-benar masyarakat yang patut dicontoh dalam melestarikan alam. Selamat kepada masyarakat Tipang!.

Wisata Alam Di Tipang

Tipang memiliki panorama alam yang sangat luar biasa, mengingat lokasinya yang berada di tepian Danau toba. Lalu apa saja wisata alam yang ada di Tipang?. Yuk kita lihat bersama sahabat Wisato!.

Pulau Simamora

Pulau Simamora berada di tengah air Danau Toba yang membentang luas. Berupa gundukan tanah seperti bukit kecil dengan hamparan rumput hijau.

Pulau ini tidak berpenghuni.ketika kalian mengunjungi pulau ini akan terasa seperti memiliki pulau pribadi. Kalian bisa menikmati keindahannya serta mengabadikan momen dengan berfoto ria untuk disimpan sebagai kenangan. Kenangan dalam album kesayangan.

Air Terjun Si Gota-Gota

Air Terjun Si Gota-Gota berada di dusun 3 Tipang, Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara 22457. Air terjun ini masih sangat bersih dan terjaga kelestariannya. Selain keindahannya yang begitu menawan.

Air terjun Sigota-gota adalah bagian dari sungai Sipultak Hoda. Sungai ini merupakan gabungan dari beberapa sungai-sungai kecil di Ulu Darat, mengalir mengikuti lembah hingga bermuara di Danau Toba bagian selatan, Tipang.

Menikmati Keindahan Tepian Danau Toba Bersama Keindahan Dewi Tipang

Air terjun ini memiliki dua air terjun eksotis nan bersih. Titik pertama berada di bagian sudut paling Barat Desa Tipang, seolah-olah bersembunyi, hanya terlihat sedikit dari Desa Tipang. Sementara titik kedua berjarak 500 meter dari titik. Titik kedua merupakan anak air Sigota-gota. Kebanyakan  pengunjung yang datang kesini hanya sampai di titik pertama karena medannya tidak terlalu sulit dan dekat dengan akses jalan.

Wisata Sejarah Di Tipang

Tipang selain terkenal dengan panorama alamnya. Juga dikenal sebagai desa adat bersejarah. Terdapat beberapa sejarah yang bisa kita pelajari di desa ini antara lain yaitu : Mata Air bersejarah, Perkampungan Tua dan Sarkofagus

Wisata Buatan Di Tipang

Selain wisata alam dan wisata sejarah kita juga dimanjakan masyarakat Tipang dengan kreatifitas dan ide mereka yang cerdas. Mereka juga memiliki wisata buatan. Wisata yang mereka ciptakan sendiri. Wisata tersebut adalah Agrowisata Sawah Sibara-bara, Resto Terapung Batu Gajah dan Resto Terapung Tipang Mas.

Terima kasih telah membaca artikel

Menikmati Keindahan Tepian Danau Toba Bersama Keindahan Dewi Tipang