Meneruskan Kuliah atau Langsung Kerja, Pertimbangkan Lagi

Setelah berhasil menamatkan kuliah S1 dan meraih gelar sarjana, banyak yang bingung apakah mau meneruskan kuliah atau langsung kerja. Memang untuk mencari pekerjaan dalam kondisi dimana masih banyak terdapat pengangguran dimana-mana tidaklah mudah. Namun untuk meneruskan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi pun ada tantangannya sendiri. Karena itu sebelum memutuskan untuk melakukan salah satunya, lebih baik pertimbangkan lagi dengan melihat beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Mendapatkan Penghasilan atau Mendapatkan Ilmu

Jika Anda memilih untuk bekerja tentunya akan mendapatkan penghasilan sendiri sehingga dapat mulai hidup mandiri. Namun jika memilih untuk meneruskan kuliah tentunya tidak akan mendapatkan penghasilan tersebut. Tetapi jangan takut karena Anda tetap akan mendapatkan ilmu yang lebih. Bahkan setelah lulus dari jenjang yang lebih tinggi bukan tidak mungkin peluang pekerjaan yang Anda dapatkan pun jauh lebih banyak. Karena itulah coba untuk melihat kecenderungan yang lebih baik bagi lulusan dari jurusan yang Anda pilih tersebut.

Baca Juga: Ternyata Posisi Duduk saat Meeting Juga Menentukan Prestasimu Loh

Membayar Kuliah atau Dibayar saat Bekerja

Salah satu pertimbangan yang dapat Anda lakukan saat ingin meneruskan kuliah atau langsung kerja adalah dari sisi keuangan. Tentunya Anda akan perlu membayar biaya kuliah selanjutnya jika memilih untuk meneruskan kuliah. Tetapi biaya tersebut dapat diringankan jika Anda berhasil mendapatkan beasiswa. Meskipun demikian perlu dipertimbangkan lagi kondisi keuangan keluarga. Apakah keluarga memerlukan bantuan keuangan dari Anda untuk kehidupan sehari-hari atau tidak. Memang hal ini harus dipertimbangkan dengan lebih bijak lagi. Karena itulah lebih baik berdiskusi dengan keluarga terlebih dahulu sebelum memutuskan meneruskan kuliah atau langsung kerja.



Memperdalam Teori dengan Meneruskan Kuliah Atau Langsung Kerja agar jadi open minded

Saat kuliah maka Anda dapat memperdalam teori yang dahulu didapatkan dan mempelajarinya lebih jauh lagi. Dengan demikian maka akan lebih banyak pengetahuan yang bisa Anda terapkan pada saat bekerja. Namun jika Anda langsung terjun ke dua kerja, maka Anda pun jadi lebih terbuka dan tidak hanya sekedar berteori saja.

Tingkat Pendidikan Penting Namun Pengalaman Juga Diutamakan

Memang memikili tingkat pendidikan yang lebih tinggi cukup penting terutama jika Anda ingin masuk ke bidang dengan tingkat yang lebih tinggi pula. Namun jangan lupa bahwa pendidikan tersebut hanya menjadi tiket masuk Anda untuk dipertimbangkan dalam posisi tersebut. Yang juga diutamakan adalah pengalaman dalam bekerja yang mungkin belum Anda miliki sebelumnya. Tetapi semua itu juga bergantung pada bidang pekerjaan yang akan Anda geluti. Karena itulah sebelum memutuskan mau meneruskan kuliah atau langsung kerja lebih baik cari tahu apa yang dipertimbangkan pada bidang pekerjaan tersebut nantinya.

Meneruskan Kuliah atau Langsung Kerja ?

Pilih yang Sesuai dengan Passion

Akhirnya Anda pun harus memilih apa yang sesuai dengan passion karena baik meneruskan kuliah atau langsung kerja tidak ada yang salah atau benar. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Karena itulah jauh lebih penting mempertimbangkan mimpi yang menjadi passion dan ingin Anda wujudkan nantinya. Dan jalan apa yang ingin Anda tempuh dalam mewujudkan mimpi tersebut.

Jangan lupa selain pilihan meneruskan kuliah atau langsung kerja sebenarnya Anda juga dapat melakukan keduanya sekaligus. Saat ini sudah banyak universitas yang menyediakan kelas malam untuk jurusan pascasarjana. Fasilitas tersebut memang disediakan bagi mereka yang sudah bekerja namun tetap ingin meraih gelar yang lebih tinggi lagi. Karena itulah pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan mau meneruskan kuliah atau langsung kerja.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: