Mendominasi, 55 Persen Kasus Positif COVID-19 Berusia 19-45 Tahun

Jakarta

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan perkembangan terbaru penanganan COVID-19. Dari data yang dihimpun Satgas COVID-19, mayoritas pasien Corona di Indonesia didominasi oleh usia produktif.

“Jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia didominasi pada usia 19-45 tahun atau sebesar 55 persen. Ini adalah usia produktif,” kata Prof Wiku dalam siaran pers di Youtube BNPB, Kamis (17/9/2020).

“Penting untuk menjaga stamina tubuh, tidak lengah saat berkegiatan di luar rumah, dan selalu menjaga anggota keluarga terutama yang risiko rentan agar tidak tertular,” sambungnya.

Sebagai kelompok usia dengan mobilitas sosial tinggi, Prof Wiku menyebut usia ini berpotensi besar menjadi carrier atau pembawa virus kepada keluarganya dan kelompok usia rentan.

Dalam paparannya, Prof Wiku juga mengungkap 80 persen kasus berada di kelompok usia di atas 45 tahun. Kelompok usia ini diharapkan tidak berkegiatan di luar rumah. Jika terpaksa ke luar rumah, dipastikan untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Hindari penggunaan transportasi umum untuk mencegah penularan,” ungkapnya.


Terima kasih telah membaca artikel

Mendominasi, 55 Persen Kasus Positif COVID-19 Berusia 19-45 Tahun