Membersihkan Komedo Dari Kulit Wajah Kita – Kecantikan

Bagi perempuan, Membersihkan komedo dari wajah kerap menjadi masalah yang membuat kepercayaan diri mereka menurun. Ada dua jenis komedo yang biasanya muncul, yaitu komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackheads). Komedo putih relatif sulit dibersihkan karena ada di bawah epitel kulit. Di sisi lain, komedo hitam yang dipicu oksidasi pigmen dengan oksigen lebih mudah dikeluarkan.

membersihkan komedo wajah

Bahan-bahan Alami yang Ampuh Mengangkat Komedo dari Kulit Wajah

Berikut ini ada cara aman buat mengangkat komedo dari kulit wajah, yaitu:



  • Membuka pori-pori wajah dengan uap air panas

Alih-alih mengeluarkan komedo, memencetnya malah akan membuat kulit sakit dan teriritasi. Maka, kita harus menggunakan cara yang lebih cerdas, yakni dengan membuka pori-pori kulit, mengingat komedo adalah akumulasi kotoran yang menumpuk di bawah kulit wajah. Untuk melakukannya, siapkan air panas dan hadapkan wajah kita pada wadah air tersebut. Biarkan uap dari air panas tersebut membuka pori-pori, baru setelah itu, kita bisa dengan leluasa mengeluarkan komedo. Kita bisa menambahkan perasan air lemon atau jeruk nipis buat menyehatkan kulit wajah.

  • Bersihkan komedo dengan memakai baking soda

Baking soda ternyata tak hanya bermanfaat untuk bahan membuat kue. Pasalnya, baking soda memiliki kandungan seperti zat alkalin yang berperan menjaga pH kulit wajah. Fungsi lain dari bahan dapur ini adalah membersihkan komedo yang tersebar di wajah kita. Caranya, campurkan baking soda dengan air, lalu aduk sampai menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Cara membersihkan komedo dari wajah yang satu ini bisa kita terapkan seminggu sekali untuk hasil optimal.

  • Cegah komedo dengan memakai masker kentang

Kentang yang selama ini disajikan sebagai makanan rupanya menyimpan khasiat lain di untuk merawat kulit wajah kita. Mengapa demikian? Karena kentang mempunyai zat tepung yang bisa dijadikan pemutih alami kulit. Selain itu, jenis umbi-umbian ini bisa kita manfaatkan buat mengangkat komedo putih maupun hitam yang membandel. Cukup membuat masker dari kentang mentah yang ditumbuk sampai halus, lalu oleskan pasta kentang secara merata ke wajah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lantas bersihkan memakai air hangat. Gunakan masker ini secara rutin untuk hasil maksimal.





  • Menumpas komedo dengan susu, garam, dan lemon

Bahan alami sehari-hari selanjutnya yang dapat kita manfaatkan buat menumpas komedo adalah susu, garam, dan lemon. Lemon sudah lama dipakai sebagai bahan produk perawatan kulit, sedangkan susu ampuh untuk memutihkan dan mengenyalkan kembali teksturnya. Untuk menghilangkan komedo, cukup campur susu murni (plain milk), garam, dengan perasan lemon sampai merata. Selanjutnya, oleskan pasta tersebut ke permukaan wajah kita; selingi dengan pijatan lembut dan memutar untuk mengangkat komedo. Diamkan selama 20 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat.

  • Melembapkan pori-pori dengan madu dan putih telur

Ramuan alami terakhir yang dianggap ampuh untuk membersihkan kulit wajah dari komedo adalah madu dan putih telur. Madu merupakan bahan alami yang sudah lama dipakai sebagai produk kecantikan sejak zaman Mesir kuno. Kemudian, putih telur memiliki kandungan untuk mengencangkan kulit dan mencegah kulit berminyak. Untuk mengusir komedo, campurkan madu dengan putih telur. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit sebelum dibersihkan. Metode membersihkan komedo dari wajah ini bakal kian maksimal kalau ditambahkan dengan yogurt dan almond.

MEMBERSIHKAN KOMEDO

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: