MediaTek dan Intel Bekerja Sama Produksi Chip

MediaTek dan Intel mengumumkan bahwa beberapa prosesor MediaTek mendatang akan diproduksi oleh Intel Foundry Services (IFS). Saat ini, pengaturan manufaktur ini akan menyangkut “perangkat tepi pintar” atau  “smart edge devices”. Edge Devide ini mengumpulkan data, biasanya secara real time, untuk membantu meningkatkan proses, menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan meningkatkan kualitas produk. Dalam hal ini dapat mencakup apa pun yang terhubung ke jaringan nirkabel Wi=Fi/4G/5G.

Yang mengatakan, IFS saat ini mengoperasikan Fabs 22nm (nanometer), yang dapat melayani lini produk chipset Wi-Fi MediaTek, misalnya. Namun untuk saat ini tidak banyak cukup data untuk menilai produk mana yang akan dikerjakan Intel dan MediaTek ini.

MediaTek dan Intel Bekerja Sama Produksi Chip

Ini adalah kemenangan besar bagi bisnis jasa pengecoran Intel muda (2021) karena MediaTek telah mengumpulkan banyak momentum dalam dua tahun terakhir, memecahkan rekor kuartal demi kuartal. MediaTek telah meluncurkan platform yang sangat kompetitif dengan pangsa pasar yang signifikan dalam bisnis perangkat pintar.

Dari sudut pandang MediaTek, langkah ini adalah langkah diversifikasi karena Intel diharapkan dapat memperluas/membuka pabrik manufaktur (“Fabs”) di AS dan Eropa. Diversifikasi semacam itu akan melindungi MediaTek dari guncangan rantai pasokan seperti yang telah kita lihat sejak Pandemi melanda tahun 2020 lalu atau potensi masalah geopolitik yang terkait dengan Taiwan dan Rusia.

Baca Juga:

Tidak mengherankan, MediaTek saat ini mengontrak TSMC di Taiwan untuk memproduksi sebagian besar chipnya. Meskipun TSMC melakukan pekerjaan manufaktur yang luar biasa, TSMC sangat besar sehingga bisa menjadi titik tersedak logistik tunggal jika terjadi bencana. Selain geopolitik, Taiwan juga menjadi sasaran Topan, kekeringan, dan Gempa Bumi.

Mungkin akan memakan waktu bertahun-tahun bagi industri semikonduktor untuk melampaui masalah rantai pasokan saat ini. Namun, rencana diversifikasi akan membuatnya jauh lebih tangguh daripada saat ini, meskipun ekonomi mungkin tidak seoptimal prapandemi.

Terima kasih telah membaca artikel

MediaTek dan Intel Bekerja Sama Produksi Chip