Laris Manis Di Perantauan Kini Kuliner Khas Betawi Menjadi Rumah Makan Gabus Mpok Kuni

Hay teman Wisato dan sahabat traveller.Kali ini kita akan membahas Kuliner Khas Betawi yang berhasil merajai di perantauan. Seakan-akan mendepak saingannya satu persatu sampai menaiki tangga kuliner menjadi nomor satu. Terbaik! patut kita sematkan untuk kuliner Betawi di RM. Gabus Mpok Kuni. Disini tersedia olahan masakan Betawi lengkap. Mari kita ulas satu persatu kenapa RM. Gabus Mpok Kuni bisa menjadi juara seperti ini.

Rumah Makan Gabus Mpok Kuni bertempatkan di Kota Tangerang. Kota Tangerang terletak di Tatar Pasundan, Provinsi Banten Indonesia. Tepatnya terletak di sebelah barat Ibukota Negara Indonesia yaitu DKI Jakarta. Sehingga wajar sekali jika kuliner khas Betawi bisa unjuk gigi di kota ini, mengingat kota ini dekat dengan asalnya yaitu Betawi.

Kota Tangerang secara geografis terletak di posisi 106 36 – 106 42 Bujur Timur dan 6 6 – 6 Lintang Selatan. Sementara sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Curug, Kecamatan Serpong dan dengan DKI Jakarta. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Teluk Naga dan Kecamatan Sepatan. Selanjutnya sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang.

Rumah Makan Gabus Mpok Kuni beralamatkan di Jl. H. Ismail No.6, RT.001/RW.005, Cipete, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15142.

Aneka Menu RM. Gabus Mpok Kuni

Rumah makan ini dominan menyajikan olahan masakan ikan dengan bumbu-bumbu khas Betawi. Seperti pecak. Olahan ikan khas Betawi yang digoreng lalu disiram kuah pecak semakin terasa nikmat karena menggunakan ikan gabus. Ikan rawa ini bertekstur lembut dengan daging yang cenderung gurih manis. Sangat pas dipadukan dengan siraman kuah pecak. Pecak Ikan Gabus ini merupakan menu favorit disini selain menu Gabus Pucung. Saran saja jika teman Wisato ingin menikmatinya juga, datanglah pagi-pagi kisaran jam 10 atau jam 11 pagi. Karena menu masakan baru lengkap tersaji semuanya di jam tersebut. Hindari datang di jam makan siang karena sudah jelas sahabat travellers akan ikut mengantri panjang. Bahkan sampai area parkir yang luas pun penuh.

Bagi yang tidak suka pecak gabus, kalian bisa memilih pecak guramenya. Rasanya tetap sama nikmatnya hanya beda tekstur ikan saja.

Laris Manis Di Perantauan Kini Kuliner Khas Betawi Menjadi Rumah Makan Gabus Mpok Kuni

Jika di Palembang teman Wisato akan menemukan pindang ikan sungai yang merupakan makanan khas Palembang. Nah disini kalian bisa menemukan olahan pindang ikan bandeng. Yang tentunya rasa pindangnya sangat berbeda dengan pindang Palembang.

Ada juga tersedia sayur asem. Segarnya berasa buat jiwa kita yang redup menjadi hidup kembali. Ada juga olahan ikan cere. Ikan kecil-kecil yang khas dengan perut buncitnya. Biasanya ikan cere diolah dengan digoreng garing dan disajikan dengan sambal goang yang pedasnya nampol.

Tersedia juga camilan rumahan yaitu aneka gorengan. Dari tempe goreng, tahu goreng kuning dan tahu goreng biasa,telur asin  sampai bakwan udang. Nah untuk gorengan sendiri yang banyak dicari adalah bakwan udang. Rasanya juara dari para juara.

Kenapa Harus Kesini?

Laris Manis Di Perantauan Kini Kuliner Khas Betawi Menjadi Rumah Makan Gabus Mpok Kuni

Jika teman Wisato dan sahabat travellers berada di Kota Tangerang atau di sekitarnya. Rugi dan benar-benar rugi kalau tidak mampir kesini. Karena rumah makan yang berkonsep makanan khas Betawi ini terbilang sangat langka. Beda banget sama Rumah Makan Padang yang dimana aja ada. Sampai di Kota Jakarta pun ada 5 RM padang yang hits.

Jangankan di kota lain di Jakarta sendiri yang merupakan penduduk aslinya suku Betawi. Rumah makan yang mengusung tema khusus masakan Betawi pun langka.

Laris Manis Di Perantauan Kini Kuliner Khas Betawi Menjadi Rumah Makan Gabus Mpok Kuni

Di Rumah Makan Gabus Mpok Kuni selain makanannya yang terkenal enak dan lezat serta menu masakan Betawi yang sangat komplit. Mereka menyediakan area parkir yang luas. Jadi kita tidak repot memilih tempat parkir atau pun sampai menggunakan bahu jalan untuk parkir.

Untuk yang beragama muslim mereka juga menyediakan mushola, jikalau teman Wisato saat kesana sedang memasuki waktu shalat. Bolehlah gunakan mushola ini dengan leluasa. Musholanya enak dan nyaman.

Untuk tempat makannya pun bersih mereka mengusung tema rumahan dan ala-ala di kampung pedesaan. Jadi ketika makan disini kita tuh nyaman banget, santai dan enaknya tu beda banget. Suasana rumahan ini benar-benar menambahkan cita rasa di suasana hati saat menyantap hidangan.

Sumber Gambar: Google Maps @Si Om Kumis Channel

 

Terima kasih telah membaca artikel

Laris Manis Di Perantauan Kini Kuliner Khas Betawi Menjadi Rumah Makan Gabus Mpok Kuni