Laba Samsung Naik 28 Persen di Q3 2021, Bisnis Semikonduktor Sumbang Setengah dari Keuntungan

Jakarta,  – Samsung Electronics mengumumkan laba operasi perusahaan pada kuartal ketiga (Q3) tahun ini naik sekitar 28 persen, dan tercatat sebagai  capaian tertinggi raksasa Korea Selatan dalam tiga tahun terakhir.

Dalam capaian tersebut, Samsung mencatat sektor semikonduktor menyumbang sekitar setengah dari laba operasi di paruh pertama tahun ini.

Kenaikan laba ini kemungkinan karena kenaikan harga chip memori di pasar dan lonjakan penjualan display, yang tak dipungkiri semuanya hadir guna memenuhi kebutuhan produsen smartphone pada model andalan terbarunya.

Samsung dalam hal ini juga memperkirakan labanya pada kuartal ketiga tahun ini, yang berarti pada bulan Juli hingga September dapat mencapai 15,8 triliun won, yaitu sekitar 13,3 miliar dolar.

Angka tersebut sebelumnya jauh  dibawah dari perkiraan Refinitiv SmartEstimate yang sebelumnya menyebut laba Samsung bakal menyentuh angka 16,1 triliun won.

Menurut analis industri, juga menyebut Samsung berhasil meraup laba karena kenaikan harga dan pengiriman chip memori, bersama dengan lonjakan profitabilitas di bisnis manufaktur, kemungkinan meningkatkan laba operasi divisi chip sekitar 79 persen dari tahun sebelumnya.

Samsung juga diuntungkan dari permintaan akan smartphone yang dapat dilipat baru-baru ini dan meningkatkan pangsa pasarnya dalam kategori tersebut. Perusahaan dilaporkan menjual lebih dari dua juta unit smartphone andalan barunya dalam waktu satu bulan.

Para analis juga memilki ekspektasi bahwa harga chip memori yang digunakan pada komputer pribadi akan turun pada kuartal keempat karena pembatasan sosial akibat situasi pandemi mulai longgar secara global, dan permintaan smartphone pun menurun.

Bisnis manufaktur chip Samsung juga menunjukkan tanda-tanda positif dan perusahaan baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mulai mengerjakan proses 3nm untuk chip smartphone mulai tahun depan, dan akan beralih ke proses 2nm pada tahun 2025.

Terima kasih telah membaca artikel

Laba Samsung Naik 28 Persen di Q3 2021, Bisnis Semikonduktor Sumbang Setengah dari Keuntungan