Kurang Tidur Menjadi Penyebab Badan Gemuk? Ini Dia 5 Alasannya!

Penyebab badan gemuk, ternyata tidak melulu dikarenakan mempunyai porsi makan yang banyak atau mengonsumsi makanan tidak sehat lho. Badan yang kurang istirahat atau kurang tidur juga bisa menjadi penyebab berat badan Anda terus meningkat. Lalu, apa hubungannya antara kurang tidur dengan berat badan? Mau tahu alasannya? Ini dia jawabannya.

Kurang Tidur
Kurang Tidur
  1. Membuat Kacau Nafsu Makan

Di dalam tubuh, terdapat dua buah hormon yang berhubungan dengan nafsu makan, yaitu glucagon-like peptide 1 (pemicu rasa kenyang) dan ghrelin (pemicu rasa lapar). Dua hormon ini akan meningkat secara bersamaan saat tubuh kurang tidur. Akibatnya, nafsu makan seseorang menjadi kacau. Makan tak teratur dengan porsi yang juga tak teratur akhirnya sering kali terjadi. Dan, ujung-ujungnya bisa ditebak, badan akan melar dengan cepat.

  1. Mendorong Ingin Makan Terus-menerus

Selain hormon, di dalam tubuh juga terdapat senyawa yang berhubungan dengan nafsu makan, yaitu senyawa endocannabinoids. Senyawa ini terdapat di dalam otak. Senyawa inilah yang akan memberikan perasaan senang saat sedang mengonsumsi makanan. Saat seseorang kurang tidur, senyawa ini akan mengalami peningkatan secara cepat. Akibatnya, akan ada dorongan dari dalam diri untuk terus makan dan makan lagi. Kenikmatan saat mengonsumsi makanan akan membuatnya merasa ingin makan terus tanpa henti sebelum perut benar-benar kekenyangan. Akibatnya, tentu saja meningkatnya berat badan yang tak terbendung.





  1. Merusak Keseimbangan Bakteri dalam Usus

Perlu diketahui, di dalam usus manusia terdapat sejumlah bakteri yang harus selalu dalam kondisi seimbang agar dapat memproses metabolisme tubuh dengan lancar. Nah, saat seseorang kurang tidur, keseimbangan bakteri ini menjadi terganggu. Terjadinya ketidakseimbangan bakteri di dalam usus inilah yang menyebabkan tubuh menjadi tidak bisa memproses makanan yang masuk secara sempurna. Akibatnya, banyak makanan yang tidak terserap dan menumpuk menjadi lemak di dalam tubuh. Berat badan pun menjadi meningkat, bahkan akan terus mengalami perkembangan pesat jika Anda tidak segera menghentikan kebiasaan tidur larut Anda.

  1. Penurunan Kemampuan Tubuh dalam Membakar Kalori

Pada umumnya, seseorang yang berolahraga akan mampu membakar kalori secara maksimal. Namun, jika sebelumnya ia tidur hingga larut malam, kalori yang terbakar di pagi hari saat ia berolahraga, 5–20 persen lebih sedikit daripada saat tidak begadang. Ini artinya, banyak kalori yang kemudian tersimpan dan mengendap menjadi lemak tidak sehat bagi tubuh. Kegemukan pun akan terjadi jika kurangnya tidur ini terjadi dalam waktu lama. Anda tentu tidak ingin ini terjadi, bukan? Oleh karena itu, hindarilah!

  1. Memunculkan Keinginan yang Impulsif

Pada saat seseorang kurang tidur, kemampuan otak untuk berpikir lebih rasional akan terganggu. Pandangan bahwa makanan cepat saji merupakan salah satu makanan tidak sehat yang wajib dihindari menjadi sebaliknya. Keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat justru semakin meningkat dengan kurangnya waktu tidur Anda. Akibatnya, akan banyak kandungan dari makanan tidak sehat tersebut yang kemudian mengendap di dalam tubuh menjadi lemak penyebab kegemukan.

PENYEBAB BADAN GEMUK

Anda tentu tidak ingin tubuh menjadi melar apa pun alasannya, bukan? Oleh karena itu, segera hilangkan kebiasaan tidur malam Anda. Beri waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat sehingga semua organ yang ada di dalamnya mampu menjalankan fungsinya masing-masing secara maksimal. Minimal waktu tidur Anda dalam satu hari adalah 8 jam. Ingat! Apa pun alasannya, meskipun pekerjaan sekalipun, sering tidur terlalu larut dapat menjadi penyebab badan gemuk.

 

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: