Kiat Menggunakan 5 Fitur Keamanan Telegram

Jakarta, – Aplikasi chat Telegram kian naik daun dalam dua tahun terakhir. Kepamoran itu membuat perusahaan terus memoles aplikasinya seapik mungkin agar pengguna betah berkirim pesan di platform.

Jika Anda termasuk pengguna Telegram, pasti sudah mengetahui kalau aplikasi bisa menampung lebih banyak anggota grup (200.000 anggota), memiliki fitur Channel, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya menambah fitur fun, layanan pesan instan multiplatform ini juga menambah lapis keamanan yang membuatnya lebih stand out. Penasaran? Yuk, simak 5 fitur keamanan Telegram yang wajib diketahui berikut ini!

Kunci pesan dengan fitur Lock Chat agar terhindar dari teman yang kepo
Kalian mungkin pernah merasa risih saat sedang chatting di tempat umum atau di sekitar teman-teman karena khawatir isi pesan dilirik orang lain. Tenang saja, pengguna bisa memanfaatkan fitur lock chat agar isi pesanmu tidak ketahuan orang lain.

Caranya, cukup klik tombol Setting – Privacy and Security – Passcode and Touch ID – Pasang PIN atau Touch ID – Selesai! Pesan akan secara otomatis terkunci setelah aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit atau pengguna bisa klik ikon lock chat pada bagian atas aplikasi Telegram untuk mengaktifkan fitur ini kapan saja.

Kirim pesan rahasia dengan fitur Secret Chat
Mau berkirim pesan rahasia dengan sahabat? Kalian bisa gunakan fitur secret chat di Telegram. Melalui fitur ini pengguna bisa mengirim pesan rahasia dengan siapapun yang diinginkan. Fitur secret chat pada aplikasi Telegram bersifat end-to-end encrypted sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat pesan kalian saat menggunakan fitur ini, termasuk Telegram.

Untuk mengaktifkannya, cukup klik kontak orang yang ingin kalian kirim pesan, klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon more.

Akses masuk yang super aman dengan fitur Two-Step Verification
Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang menggunakan fitur two-step verification untuk meningkatkan keamanan penggunanya, tak terkecuali Telegram. Apabila diaktifkan, fitur ini mengharuskan pengguna untuk memasukkan password setiap kali masuk ke akun Telegram pribadi melalui perangkat yang baru maupun lama. Password ini dibutuhkan sebagai pelengkap dari OTP (one-time password) yang muncul ketika pengguna memasang akun Telegram di perangkat yang baru. Fitur ini sangat berguna untuk melindungi akun pengguna aplikasi dari para pencuri identitas yang mengetahui password dan berusaha untuk meretas akun Telegram mereka.

Mendukung server proxy
Selain ketiga fitur di atas, Telegram juga mendukung server proxy. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan IP address dengan cara mengkoneksikan akunnya ke sebuah server proxy khusus. Pada dasarnya, cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection yang lazim digunakan oleh banyak orang untuk melindungi identitas mereka di internet.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa menuju Settings – Data and Storage – Proxy Settings.

Salah kirim? Jangan panik, hapus saja pesan yang sudah terkirim
Seringkali kita terlalu asyik chatting hingga keliru ketika mengirim pesan. Kalau hal ini terjadi, pengguna tidak perlu khawatir karena di aplikasi Telegram kalian bisa menghapus pesan yang sudah terkirim, kapan pun dan tanpa ada batas waktu. Jadi, kalau kalian ingin menghapus pesan yang sudah terkirim sebulan lalu, kalian masih bisa melakukannya.

Semoga kiat-kiat di atas bisa menambah kenyamanan kalian saat bertukar pesan. Selamat mencoba!

Terima kasih telah membaca artikel

Kiat Menggunakan 5 Fitur Keamanan Telegram