Kenali, Ini Gejala dan Tanda-tanda Menopause pada Wanita

Jakarta

Setiap wanita akan mengalami menopause ketika berusia 40 hingga 50 tahun ke atas. Gejala dan tanda-tanda menopause setiap wanita berbeda.

Menopause adalah waktu yang menandai berakhirnya siklus menstruasi wanita. Ini didiagnosis setelah Anda melewat 12 bulan tanpa periode menstruasi. Menopause juga disebut sebagai proses biologis alami.

Kebanyakan wanita pertama kali mulai mengalami gejala menopause sekitar empat tahun sebelum periode terakhir mereka. Gejalanya sering berlanjut sampai sekitar empat tahun setelah haid terakhir seorang wanita.

Sejumlah kecil wanita mengalami gejala menopause hingga satu dekade sebelum menopause benar-benar terjadi, dan 1 dari 10 wanita mengalami gejala menopause selama 12 tahun setelah periode terakhir mereka.

Dikutip dalam Healthline, ada banyak faktor yang membantu menentukan kapan Anda akan mulai menopause, termasuk genetika dan kesehatan ovarium.

Menopause terjadi ketika ovarium di dalam tubuh wanita tidak lagi melepaskan sel telur sehingga tubuhnya berhenti mengalami menstruasi. Dengan kata lain, setelah memasuki masa menopause, seorang wanita tidak lagi dapat hamil secara alami.

Menopause juga bisa disebabkan saat tubuh mulai beberapa perubahan sebagai respon terhadap tingkat yang lebih rendah dari estrogen, progesteron, testosteron, hormon perangsang folikel dan juga hormon luteinzing.

Pengalaman menopause setiap wanita berbeda. Gejalanya biasanya lebih parah ketika menopause terjadi secara tiba-tiba dalam waktu singkat.

Selain perubahan menstruasi, gejala perimenopause, menopause dan pascamenopause umumnya sama. Ini tanda awal perimenopause yang paling umum:

1. Lebih jarang menstruasi, periode yang lebih berat atau lebih ringan dari yang biasanya Anda alami.
2. Gejala vasomotor, termasuk hot flashes, keringat malam dan kemerahan. Diperkirakan 75 persen wanita mengalami hot flashes saat menopause:

Gejala umum menopause lainnya termasuk:

3. Insomnia
4. Kekeringan vagina
5. Penambahan berat badan
6. Depresi
7. Kegelisahan
8. Kesulitan berkonsentrasi
9. Masalah memori
10. Penurunan libido atau dorongan seks
11. Kulit, mulut dan mata kering
12. Peningkatan buang air kecil
13. Payudara sakit atau lunak
14. Sakit kepala
15. Jantung berdebar kencang
16. Infeksi saluran kemish (ISK)
17. Berkurangnya massa otot
18. Sendi yang nyeri atau kaku
19. Berkurangnya massa tulang
20. Payudara kurang penuh
21. Rambut menipis atau rontok
22. Peningkatan pertumbuhan rambut di area tubuh lainnya seperti wajah, leher, dada dan punggung atas.

Itulah beberapa gejala dan tanda-tanda menopause pada wanita yang perlu diketahui.

Terima kasih telah membaca artikel

Kenali, Ini Gejala dan Tanda-tanda Menopause pada Wanita