Kapan Pandemi COVID-19 RI Selesai? Sabar, Ini Lho Patokannya Menurut Epidemiolog

Kapan Pandemi COVID-19 RI Selesai? Sabar, Ini Lho Patokannya Menurut Epidemiolog

Jakarta

Belakangan, beredar kabar dunia tengah menghitung waktu menuju selesainya pandemi COVID-19. Hal itu menyusul pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pekan lalu yang menyebut, akhir pandemi COVID-19 ‘sudah di depan mata’ walaupun belum benar-benar berakhir. Pertanda RI bakal lepas dari status pandemi COVID-19?

Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono menyebut, selesainya status pandemi COVID-19 di Indonesia berpatok pada keputusan presiden. Tak tertutup kemungkinan, dicabutnya status kedaruratan kesehatan masyarakat terkait virus Corona di Indonesia dilakukan lebih dulu dari WHO

“Begitu dideklarasikan kedaruratan kesehatan masyarakat sudah dicabut oleh WHO pandemi di dunia sudah berakhir, nanti bagaimana tentang masalah wabah di Indonesia wabah COVID-19 ini berakhir? Ketika Presiden Jokowi mencabut status kedaruratan kesehatan masyarakat,” ungkapnya dalam media briefing Kementerian Kesehatan RI, Jumat (23/9/2022).


“Bisa saja Indonesia lebih dulu dari WHO, itu bisa saja. Bagaimana upaya kita bisa sama-sama atau lebih cepat,” sambung Pandu.

Kapan Pandemi COVID-19 RI Berakhir?

Menjawab itu, Pandu menyebut terdapat tahap-tahap tertentu yang dilakukan sebelum status kedaruratan sepenuhnya dicabut. Di antaranya, yakni pelonggaran pembatasan aktivitas masyarakat.

“(Kapan pandemi COVID-19 Indonesia berakhir) tidak bulan ini dan tidak bulan depan, tapi tahapannya ada. Salah satu usaha yang kita lakukan adalah supaya pembatasan aktivitas masyarakat sebagai intervensi pengendalian pandemi tidak lagi diperlukan karena produktivitas tinggi dan kita bisa menuntaskan untuk memperkuat penduduk berisiko,” bebernya.

“Jadi harus percaya diri, harus optimistis untuk bahwa ini sudah semakin dekat, sudah di depan mata. Itu kan metafora. Nggak ada yang berani bilang nanti Desember (status pandemi COVID-19 akan dicabut),” ungkap Pandu lebih lanjut.


Terima kasih telah membaca artikel

Kapan Pandemi COVID-19 RI Selesai? Sabar, Ini Lho Patokannya Menurut Epidemiolog