Ingin Melahirkan Caesar Seperti Nagita Slavina? Catat Apa yang Perlu Disiapkan

Jakarta

Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina baru saja dikaruniai anak ke-2 yang diberi inisial nama R. Nagita diketahui sengaja memilih metode operasi caesar untuk persalinannya kali ini.

“Ya deg-degan aja. Bukan nggak mau lahiran normal. Kan waktu itu (saat lahiran Rafathar) lebih ribet, terus sekarang lagi pandemi. Kalau lahiran normal, kita nggak tahu berapa jam harus standby di rumah sakit. Aku lebih nyaman saat ini (caesar),” ungkap Nagita Slavina kepada Raffi Ahmad.

Ahli kandungan dr Wisnu Setyawan, SpOG(K), dari Morula IVF Tangerang menjelaskan bahwa persalinan normal atau operasi caesar memang memiliki untung rugi masing-masing. Wanita yang ingin melakukan operasi caesar biasanya karena ingin minim rasa sakit dan waktu persalinan juga relatif lebih bisa ditentukan.

“Waktunya lebih bisa ditentukan dan risiko pada si bayi lebih kecil karena tidak harus melalui stres persalinan. Pasien tidak perlu merasakan nyeri persalinan,” kata dr Wisnu pada detikcom.

Hanya saja yang perlu jadi perhatian adalah operasi caesar tetap memerlukan persiapan. Ibu hamil harus memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi, terutama protein dan glukosa.

dr Wisnu mengatakan nutrisi tersebut diperlukan agar tubuh ibu dapat cepat pulih dari luka pascaoperasi. Protein bisa didapat dari bahan pangan daging merah, ayam, ikan, hingga telur sementara glukosa didapat dari sumber karbohidrat, seperti nasi, roti, jagung, dan gandum.

“Penyembuhan akan sangat-sangat dipengaruhi nutrisi. Jadi kecukupan nutrisinya selama hamil harus diperhatikan,” lanjut dr Wisnu.

Dokter biasanya juga akan meresepkan beberapa obatan untuk mengurangi rasa nyeri usai operasi caesar. Ibu kemungkinan akan memerlukan obat-obatan tersebut agar proses pemulihan berjalan lancar.

“Obat-obatannya diperhatikan. Terutama pereda nyerinya ada banyak enggak satu macam,” pungkasnya.


Terima kasih telah membaca artikel

Ingin Melahirkan Caesar Seperti Nagita Slavina? Catat Apa yang Perlu Disiapkan