Ibu-ibu! Ini Lho 4 Alasan Miss V Jadi Bau Tak Sedap Usai Bercinta

Jakarta

Bau yang muncul setelah bercinta merupakan hal yang normal. Pasalnya, seks merupakan aktivitas aerobik yang melibatkan sekresi vagina, air mani, lubrikan, kondom, serta keringat dua orang.

Namun, jika bau yang timbul merupakan bau yang tidak sedap, hal tersebut bisa saja merupakan tanda adanya masalah kesehatan. Menurut Sherry Ross, MD, seorang dokter obgyn sekaligus penulis buku berjudul She-ology: The Definitive Guide to Women’s Intimate Health. Period, terdapat beberapa alasan mengapa vagina mengeluarkan bau tidak sedap pasca bercinta.

Mengutip Health, berikut 4 alasan yang dapat menyebabkan vagina berubah bau setelah berhubungan seks.

1. Vaginosis bakterialis

Vaginosis bakterialis merupakan kondisi di mana terdapat pertumbuhan bakteri berlebih pada vagina. Sejumlah wanita yang mengalami kondisi ini tidak merasakan adanya gejala. Namun, kondisi ini dapat diketahui dengan munculnya keputihan, nyeri, gatal, serta bau amis yang sering kali tercium setelah berhubungan intim.

2. Infeksi menular seksual

Beberapa infeksi menular seksual, seperti trikomoniasis, juga dapat menyebabkan bau tidak sedap. Jika kamu merasa terdapat bau tidak sedap pada vagina, kamu harus segera menemui dokter obgyn. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui kondisi lebih lanjut sehingga dapat ditangani dengan benar.

3. Kurang menjaga kebersihan

Aktivitas seksual tentunya membuat tubuh berkeringat, terutama jika sebelum bercinta kamu tidak mandi terlebih dahulu. Pasalnya, vagina memiliki kelenjar keringat serta folikel rambut yang dapat menyebabkan timbulnya bakteri, sehingga bisa menimbulkan bau. Menjaga kebersihan area di sekitar vagina merupakan hal yang penting agar bakteri tidak tumbuh dan menimbulkan bau tidak sedap.

4. Penggunaan kondom lateks

Jenis kondom berbahan lateks memiliki bau yang dapat tercium hingga sesi bercinta berakhir. Vagina yang sensitif dapat mengeluarkan bau alami jika bertemu dengan hal baru. Sehingga, jika vagina menimbulkan bau setelah bercinta menggunakan kondom lateks, kamu bisa mencoba jenis kondom lain saat sesi bercinta selanjutnya.

Terima kasih telah membaca artikel

Ibu-ibu! Ini Lho 4 Alasan Miss V Jadi Bau Tak Sedap Usai Bercinta