Hidup Itu Ibarat Roda Yang Berputar. Kadang Diatas, Kadang Dibawah

Bacaan Asik – Hidup itu ibarat roda yang berputar. Kadang diatas, kadang dibawah. Seperti itulah kira-kira pepatah yang sering kita dengar dalam perjalanan hidup kita sehari-hari. Dan bila menilik dari berbagai cerita hidup seseorang yang berada disekitar kita, pesan tersebut sebenarnya terasa mengena sekali dan terlihat seperti memang benar adanya.

Kamu sedang merasa memiliki segalanya?, atau sebaliknya. Kamu sedang merasa kesulitan kerap menghantui langkah kehidupan mu?. Mungkin beberapa pertanyaan berikut ini dapat coba kamu jawab dan kamu mulai mengintrospeksi pribadi mu sendiri juga.

  • Apakah kamu tetap menjalankan ibadah dan berdoa kepada-Nya ?.
    Baik disaat roda mu diatas maupun dibawah. Hal ini adalah yang utama yang tak boleh kamu lupakan.
  • Apakah kamu selalu bersyukur untuk apa yang terjadi dalam hidup mu ?.
    Kurang rasa bersyukur akan menimbulkan kegelisahan yang tidak pernah ada habisnya. Kurang bersyukur akan membuat kita selalu merasa kekurangan dan kurangnya ketentraman didalam hati kita. Lihat sekeliling mu, masih banyak yang lebih dari mu, lebih baik atau lebih buruk. Dan bahkan tanpa kamu sadari, mungkin ada juga orang yang justru mengidamkan untuk menjadi seperti dirimu, jadi bersyukurlah senantiasa.
  • Mencoba selalu berbuat baik kepada orang-orang disekitar kamu ?.
    Selalu berorientasi kepada tindakan yang baik akan membuat diri kita menjadi lebih tentram. Kebaikan sekecil apapun yang coba kita lakukan untuk sesama akan membuahkan kedamaian hati. Bila kita tidak dapat membantu, tidak menyusahkan orang lain pun sebenarnya juga sudah merupakan kebaikan.
  • Selalu berusaha untuk bekerja dan tidak bermalas-malasan ?.
    Baik ketika kamu sedang diatas ataupun dibawah. Tetap giat dalam bekerja dan berusaha merupakan hal yang wajib kamu lakukan juga. Cintai apa yang kamu kerjakan, selalu bersyukur akan pekerjaan yang kamu dapatkan. Selesaikan pekerjaan yang ada dengan sebaik mungkin. Berusahalah untuk bekerja.
  • Tetap menjaga hubungan yang baik dengan teman-teman mu ?.
    Ingat, hidup itu ibarat roda yang berputar, kadang diatas, kadang dibawah. Bertemanlah dengan siapa saja, dan jagalah komunikasi yang baik dengan setiap ruang lingkup pergaulan mu.
  • Berbaktilah kepada orang tua kamu.
    Orang tua mu adalah orang yang paling tidak akan mau melukai atau mencelakai dirimu. Sayangilah orang tua mu, dan berbaktilah kepada mereka. Bahagiakan mereka seperti mereka pun telah berjuang untuk membesarkan serta membahagiakan dirimu.
  • Apa kamu suka menyimpan dendam ?.
    Jika kamu masih suka berpendapat seperti, aku bisa jadi baik jika kamu baik, dan aku bisa jadi lebih jahat jika kamu jahat. Rasanya ini kurang pas dan bisa berdampak pada perkembangan psikologis kamu juga. Prinsip perilaku seperti ini akan bisa menghadirkan rasa benci yang berujung kepada dendam, bilamana ada perlakuan orang lain yang tidak menyenangkan hati kamu. Kamu akan lebih berfikir untuk bagaimana cara membalasnya. Alangkah baiknya jika kita mempunyai prinsip hidup seperti: “tetap saja berbuat baik dan maafkan orang yang telah melukai perasaan kita, karena tidak ada orang yang sempurna di dunia ini“.
  • Memprioritaskan pemikiran positif ?.
    Berprioritas kepada jalan pemikiran positif akan mengarahkan prilaku dan kehidupan kamu ke arah yang positif juga. Setiap manusia memiliki kepribadian dan pola pikir yang berbeda-beda. Jika ada seseorang yang mempunyai jalan pemikiran yang berbeda dan tidak sependapat dengan kita, tidak selalu berarti orang itu salah atau kita salah. Jadi pola pemikiran positif akan sangat bermanfaat dalam kehidupan kita yang ibarat roda ini.
  • Tetap bersiap dengan segala kemungkinan yang ada ?.
    Jangan pernah lupa, hidup itu ibarat roda yang berputar, kadang diatas, kadang dibawah. Walaupun saat ini kita sedang dalam posisi diatas atau bahkan malah sedang dibawah, tetaplah untuk selalu bersiap atas segala kemungkinan yang ada. Bisa saja keadaan akan berbalik sekejap mata.

Setiap insan manusia pastilah pernah mengalami jatuh bangun dalam kisah hidupnya. Tidak ada seorangpun yang sempurna di dunia ini. Masalah akan selalu ada ketika kita masih bernafas. Mau tidak ada satupun masalah dalam hidupmu?, jawabannya adalah tidak mungkin selama kamu masih hidup.

Lihat juga: Jual Apartemen Di Jakarta



Problema pastinya kerap muncul dalam perjalanan hidup kita didunia ini. Bagaimana cara terbaik untuk menghadapi setiap masalah yang menerpa?, jawabannya adalah selalu percaya kepada Tuhan. Percayalah Tuhan tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya lebih dari yang umatnya mampu. Jalani saja, terus berusaha, dan tetap berdoa kepada-Nya.

Tuhan tidak pernah berjanji hidup itu akan mudah. Tapi Tuhan selalu berjanji bahwa semua akan indah pada waktunya 🙂

Hidup Itu Ibarat Roda Yang Berputar

Ingatlah pepatah yang mengatakan hidup itu ibarat roda yang berputar. Jadi ketika kamu merasa sedang berada diputaran roda bagian atas, janganlah lupa untuk tetap menoleh kebelakang atau kebawah. Karena ibarat perumpamaan bermain bianglala, ketika kamu sedang berhenti diatas, ingatlah, sesaat kemudian roda akan kembali berputar dan kamu akan kembali kebawah.

Pesan tersebut sangat relevan dengan kehidupan bermasyarakat. Jadi untuk kamu yang tengah berada diatas, ingatlah untuk selalu berpedoman kepada Tuhan sang pencipta. Jangan pernah lupa dan terus berdoa mengucap syukur kepada-Nya atas apa yang telah Ia berikan kepada mu saat ini. Berbaktilah kepada orang tua dan kasihilah sesama mu manusia. Sebab, jika kita tengah dimabukkan oleh kesuksesan yang telah kita raih dan membuat kita lupa kepada-Nya, disaat itulah Tuhan mungkin akan “menyentil” untuk memperingatkan mu. Memutar roda kehidupan mu semudah membalikkan telapak tangan, menjadikan posisi mu menjadi dibawah sekejap mata.

Dan untuk kamu mungkin yang merasa sedang berada kembali diputaran roda bagian bawah. Tetap ingatlah juga, terus bekerja dan berdoa. Tetaplah berjuang karena hidup itu ibarat roda yang berputar, kadang diatas, kadang dibawah. Ingatlah juga, Tuhan itu baik, Dia tidak pernah meninggalkan kita, malah justru mungkin kita yang meninggalkan-Nya. Introspeksi diri, apakah ada sesuatu kesalahan yang kita lakukan. Apakah kita sudah berbuat baik bagi sesama sesuai dengan perintah-Nya?.

Jangan putus asa, tetaplah berusaha, dan tetaplah menjadi baik !

Semoga kesuksesan senantiasa menaungi kehidupan Anda.
IDRTimes.com

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: