Hati-hati Mengangkat Telepon Tak Dikenal, Bisa Menguras Pulsa

 Akhir-akhir ini banyak masyarakat yang ditelepon oleh orang tak dikenal. Para penelepon biasanya mengaku sebagai sales dari bank atau provider internet dan telepon. Mereka juga merambah ke akun WhatsApp, biasanya para penipu ini akan meminta kode otp aplikasi atau meminta calon korbannya untuk memberitahu nomor KTP mereka.

Kali ini ada modus penipuan baru yang membuat pulsa korban tersedot habis. Jangan sekali-kali menerima telepon dari kode nomer asing atau luar negeri. Abaikan saja panggilan telepon tersebut, jangan sampai sobat Tekno menelepon baik nomer tersebut karena bisa jadi pulsa kamu akan terkuras habis.

Hati-hati Mengangkat Telepon Tak Dikenal, Bisa Menguras Pulsa

 

Wangiri, berasal dari bahasa Jepang yang artinya sekali berserin lalu berhenti, modus penipuan seperti ini sebenarnya sudah lama digunakan di berbagai belahan dunia. Modus penipuan ini merupakan salah satu metode penipuan dari lima metode penipuan yang sering digunakan. Penipuan semacam ini berpotensi membawa resiko keuangan yang signifikan bagi perusahaan telepon dan penggunanya. Jumlah kerugian di seluruh dunia yang disebabkan oleh Wangiri ini berjumlah fantastis berkisar USD 27 miliar atau kurang lebih Rp.407 triliun.

Modus dalam penipuan Wangiri ini adalah korban akan menerima panggilan Misscall dari nomor berkode luar negeri, nah ketika korban menelepon balik nomor asing tersebut akan diangkat oleh orang yang berpura-pura sebagai Interactive Voice Response (IVR) dan akan membuat orang menghabiskan selama mungkin telepon tersebut terhubung.

 Penipuan Wangiri terbilang susah untuk diberantas karena belum adanya regulasi yang mengatur dan menargetkan penipuan yang seenis. Lebih sulitnya lagi karena penipuan semacam ini menggunakan nomor internasional sehingga sulit untuk dilacak.

Baca Juga:

Agar terhidar dari penipuan Wanagiri ini, berikut adalah beberapa tips untuk sobat Tekno agar terhindar dari penipuan sejenis ini :

1. Jangan mengangkat nomor telepon tak dikenal, terlebih lagi nomor yangmemiliki kode telepon asing.

2. Cari nomer tersebut di laman pencarian Google, karena biasanya penipu akan menggunakan nomor yang mirip untuk mengelabui korban.

3. Gunakan aplikasi yang dapat melihat tag telepon tersebut misalnya aplikasi GetContact,Truecaller dan Should I Answer.

4. Jangan membagikan nomer telepon di dunia maya, karena bisa saja orang lain tidak sengaja menghubungi penipu tersebut.

Begitulah jenis penipuan yang merugian dari nomer telepon berkode asing, semoga sobat Tekno terhindar dari jenis penipuan tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel

Hati-hati Mengangkat Telepon Tak Dikenal, Bisa Menguras Pulsa