Golongan Darah Tentukan Kerentanan Terhadap Virus Corona

Artikel Unik – Dengan total 2.146.291 kasus dan 144.104 kematian di dunia, hingga tulisan ini dibuat, virus Corona pastilah lebih buruk daripada flu. Tidak peduli usia, ras, kapasitas keuangan, dan kepercayaan, semua orang bisa rentan terhadapnya. Dan tahukah Anda, jika golongan darah tentukan kerentanan terhadap virus Corona?

Tetapi tahukah Anda? Meskipun setiap orang dapat berisiko terkena virus Corona ini, beberapa orang khususnya, jauh lebih tidak berdaya dibandingkan dengan yang lain? Studi baru yang dilakukan di Shenzhen dan Wuhan. Mengungkapkan bahwa selain dari orang tua dan mereka yang menderita penyakit yang mendasarinya seperti penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, dan kanker, beberapa orang juga dapat rentan terhadap patogen. Ini juga tergantung pada golongan darah mereka.

Golongan Darah Tentukan Kerentanan, Siapa yang Paling Rentan?

Hasil penelitian ini terungkap setelah para ahli telah mengumpulkan informasi yang cukup dari lebih dari 2.000 pasien yang terkena virus. Informasi itu kemudian dibandingkan dengan kelompok populasi lain, yang merupakan sekelompok orang sehat.

“Orang-orang dari golongan darah A mungkin perlu secara khusus memperkuat perlindungan pribadi untuk mengurangi kemungkinan infeksi.” kata Wang Xinghuan dari Center for Medicine di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan. Ahli juga menekankan perlunya perawatan dan pengawasan yang lebih agresif dan waspada bagi mereka yang memiliki golongan darah A. Apalagi jika telah dinyatakan positif virus, seperti dilansir South China Morning Post.



Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan oleh para ahli dari negara yang sama menunjukkan orang-orang dari kelompok O memiliki risiko lebih rendah. Ini jika dibandingkan dengan kelompok golongan darah lain, seperti yang dilaporkan oleh China Plus. Para peneliti menemukan hasil ini setelah mereka menemukan bahwa di antara 206 pasien yang dianggap korban di Wuhan, hanya 52 dari mereka yang memiliki golongan darah O. Ini terlepas dari usia dan kelompok gender mereka.

Namun masih penting untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini. Karena ada beberapa batasan penting untuk penelitian ini. Termasuk sejumlah kecil pasien yang dilibatkan dalam penelitian dan penjelasan yang tidak memadai mengenai interaksi molekuler sel dari berbagai jenis darah ke virus.

Para ahli mengingatkan setiap orang untuk tidak panik terutama bagi mereka yang memiliki golongan darah A. Itu juga tidak berarti bahwa orang yang termasuk golongan darah O sudah aman. Setiap orang harus tetap sadar untuk mengikuti pedoman untuk melindungi diri dari virus Corona. Mencuci tangan, dan tetap di dalam rumah Anda masih merupakan cara terbaik untuk memeranginya.