Gim Besutan Electronic Arts, FIFA 18, Buktikan Diri Jadi yang Terbaik

IDRTimes – Siapa yang tak kenal dengan game yang bertajuk FIFA. Gim besutan Electronic Arts, FIFA 18, buktikan diri jadi yang terbaik.  Kini FIFA telah mencapai tahun ke-25 pencapaiannya di dunia persepakbolaan maya.

FIFA 18 sendiri dirilis di seluruh dunia pada tanggal 29 September 2017 untuk Microsoft Windows, PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox 360, Xbox One dan Nintendo Switch. Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, tampil sebagai cover untuk edisi reguler kali ini.

Ini juga menjadi kerjasama kedua EA dalam seri yang menggunakan mesin game Frostbite 3, meski beberapa versi game menggunakan mesin permainan yang berbeda.

Versi PlayStation 4 dan Xbox One juga menyertakan kelanjutan dari “The Journey“, sebuah mode berbasis cerita yang pada awalnya di FIFA 17 berjudul “The Journey: Hunter Returns“. Versi PlayStation 3 dan Xbox 360, yang dikenal sebagai FIFA 18: Legacy Edition, tidak berisi fitur gameplay baru selain dari kit dan rosters yang telah diperbarui.



FIFA 18 telah mengokohkan diri sebagai penyedia game sepakbola nomor satu dan paling populer di dunia, setidaknya dari sisi penjualan.

Dikutip dari Hardcoregamer, penjualan FIFA 18 masih menyentuh angka 300.000 copy lebih pada pekan lalu. Dan jika ditotal sejak game ini pertama dirilis, angkanya sudah mencapai sekitar 10,9 juta keping.

Dan menurut sumber tersebut, nilai ini menjadikan FIFA 18 berhasil mencetak rekor penjualan tertinggi yang pernah dicatat sepanjang sejarah seri game FIFA. Angka penjualan FIFA 18 diprediksi belum akan menurun hingga beberapa waktu mendatang, karena memang masih akan digandrungi oleh penikmat game di seluruh dunia.

Angka penjualan tertinggi FIFA 18 berada di wilayah Eropa. Penjualannya mencapai sebesar 75% dari penjualan dunia, atau sekitar7,69 juta copy.

Sementara di Amerika Utara angkanya mencapai 2,13 juta copy (21%) dan sebanyak 130.000 copy (1%) di Jepang. Negeri Matahari Terbit sendiri, dominasi lebih ke pesaing mereka, Pro Evolution Soccer (PES). Bisa dimaklumi, karena Konami yang merupakan produsen PES, memang bermarkas di negara tersebut.

Baca juga: Apa kamu psikopat ?

Jika perhitungan dirubah berdasarkan platform, 7,48 juta copy sejauh ini dimainkan di Playstation 4. Sementara untuk Xbox One, terjual sebanyak 1,85 juta salinan.

Meski diprediksi akan laku keras pada Nintendo Switch, penjualan FIFA 18 ternyata hanya menyentuh angka 330.000 copy saja. Sisanya, sebanyak 310.000 terjual untuk Playstation 3 (310.000 copy),  Xbox 360 (150.000 copy), dan versi PC yang mencapai 70.000 copy.

Sukses FIFA 18 sejatinya bukan lagi kejutan setelah mereka mulai mendominasi game simulasi sepakbola pada beberapa tahun lalu. Dominasi ini mampu meninggalkan pesaing terdekatnya PES.

Lalu, bagaimana dengan PES sendiri?

Penjualan game sepak bola keluaran Konami, PES 2018, belum tercatat secara resmi. Namun dipastikan jika dalam beberapa tahun terakhir, FIFA memang semakin jauh meninggalkan PES.

Bleacherreport pada September lalu melaporkan kalau penjualan FIFA 17 pada pekan pertama mencapai angka 1,1 juta copy. Sementara PES 2017 hanya laku 50.000 salinan. Untuk diketahui, FIFA 17 juga mencatatkan rekor penjualan setelah mengalahkan penjualan edisi sebelumnya, FIFA 16.

Menurut ulasan dari GameSpot, mereka menuliskan, “FIFA 18 mampu menterjemahkan sepakbola dan kepercayaan diri mereka ke dalam permainan video.”

IGN memberikan penilaian 8.1/10. “Fokus yang tajam pada serangan. Tapi sedikit penambahan baru membuat pengalaman spektakuler ini menjadi agak dangkal.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: