Foto USG Jessica Iskandar Bikin Salfok, Idealnya Kapan Sih USG Dilakukan?

Jakarta

Aktris Jessica Iskandar mengumumkan kabar bahagia. Ia tengah mengandung anak keduanya dengan Vincent Veerhag.

Jessica Iskandar juga memamerkan foto USG janin di rahimnya di Instagram. Baru-baru ini Jedar, sapaan akrabnya, juga terlihat sedang melakukan USG anak keduanya.

“Puji Tuhan babynya sehat. Kemarin aku habis cek anak kedua aku,” tulis Jedar di Instagram Story pribadinya, seperti dilihat detikcom, Sabtu (19/11/2021).

Pemeriksaan ultrasonografi (USG) merupakan salah satu jenis pemeriksaan yang dianjurkan pada ibu hamil. Tujuannya salah satunya dilakukan untuk memeriksa kesehatan dan perkembangan janin selama di dalam kandungan.

Kapan sebaiknya USG dilakukan?

Dikutip dari Parents, spesialis kandungan menyebut USG bisa dilakukan segera setelah dinyatakan hamil untuk mengonfirmasi dan memastikan adanya kehamilan.

“Yang pertama, idealnya, pada trimester pertama untuk memastikan tanggal jatuh tempo, dan yang kedua pada 18-22 minggu untuk memastikan anatomi normal dan jenis kelamin bayi,” jelas Monica Mendiola, MD, dokter dan instruktur Obstetri & Ginekologi di Harvard Medical School.

“Selama USG ini normal dan ukuran perut ibu konsisten dengan kehamilannya, maka itulah yang dibutuhkan kebanyakan wanita,” bebernya.

USG pertama mungkin dilakukan saat hamil enam hingga delapan minggu. Tapi tidak setiap wanita akan mendapatkan scan ini. beberapa dokter hanya melakukannya untuk kondisi kehamilan berisiko tinggi tertentu seperti pendarahan, sakit perut, dan riwayat cacat lahir atau keguguran.

Ultrasonografi awal kehamilan dapat dilakukan secara transgvaginal sehingga dokter mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang janin. Selama masa kehamilan, USG akan dilakukan dalam rentang waktu yang berbeda untuk memantau perkembangan janin.


Terima kasih telah membaca artikel

Foto USG Jessica Iskandar Bikin Salfok, Idealnya Kapan Sih USG Dilakukan?