Fitur Panduan Instagram untuk Orang Tua Telah Diluncurkan

Bacaan Asik – Siapa yang tak kenal dengan aplikasi Instagram? Instagram secara luas dikenal sebagai apilkasi yang berfungsi untuk berbagi foto dan video. Instagram pun menjadi aplikasi modern yang banyak digunakan oleh anak muda di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Dan saking banyaknya para pengguna yang berasal dari kalangan anak-anak remaja, kini developer aplikasi tersebut telah meluncurkan fitur panduan Instagram untuk orang tua (Parents Guide). Hal ini dilakukan untuk mempermudah para orang tua memantau anaknya.

Instagram sebelumnya diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Instagram pun kemudian diluncurkan pada bulan Oktober 2010 dikhususkan untuk para pengguna iOS Apple. Versi untuk perangkat Android kemudian dirilis 18 bulan kemudian, pada bulan April 2012. Diikuti oleh tampilan situs antarmuka dengan fitur terbatas pada bulan November 2012. Pada April 2016 dan Oktober 2016, berturutan dirilis untuk platform Windows 10 Mobile dan Windows 10.

Setelah diluncurkan pada tahun 2010, Instagram kemudian mampu meraih popularitas dengan singkat. Satu juta pengguna terdaftar dalam dua bulan. Yang diikuti dengan 10 juta pengguna dalam setahun. Hingga akhirnya mencapai 800 juta pada September 2017. Dan puncaknya pada bulan April 2012, Facebook mengakuisisi layanan tersebut dengan nilai mencapai US $ 1 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Pada Oktober 2015, lebih dari 40 miliar foto telah diunggah ke layanan. Meskipun dipuji karena pengaruhnya, Instagram pun tak lepas dari kritik, terutama untuk perubahan kebijakan dan antarmuka, dugaan penyensoran, dan konten ilegal atau tidak tepat yang diunggah oleh para pengguna.

Orang tua bisa mengetahui waktu yang dihabiskan melalui fitur panduan Instagram

Kini dengan semakin berkembangnya layanan aplikasi tersebut, Instagram pun akhirnya meluncurkan fitur panduan Instagram untuk orang tua. Ini dilakukan agar para orang tua mampu memantau setiap hal yang dilakukan anak-anaknya, seperti yang dirilis di blog resmi mereka. Fitur panduan Instagram ini juga bisa mengetahui berapa lama waktu yang telah dihabiskan anak-anak tersebut saat membuka layanan apllikasi Instagram.



Baca juga: Tempat Instagramable di Jakarta

Chief Operating Officer Instagram, Marne Levine menyebutkan dalam blog resmi Instagram: “Kami mengetahui jika banyak orang tua yang berpikir mengenai apa yang anak-anak mereka lakukan saat online, untuk itulah kami membuat fitur panduan Instagram untuk orang tua.”

Levine juga menegaskan jika hadirnya fitur panduan Instagram ini akan membantu para orang tua untuk mempelajari lebih banyak tentang bagaimana Instagram digunakan oleh para remaja tersebut. Fitur ini juga bisa memastikan dan memberikan rasa aman kepada orang tua, jika Instagram merupakan aplikasi yang aman. Selain itu, Instagram juga menjadi layanan yang positif untuk digunakan anak-anak muda.

Tiga fokus utama fitur panduan Instagram untuk orang tua

Fitur panduan Instagram ini memiliki tiga fokus utama. Pertama cara mengelola privasi akun, berinteraksi dengan pengguna lain, serta dan lama waktu yang dihabiskan di Instagram. Fitur panduan Instagram ini juga akan memberikan informasi mengenai cara untuk menyaring komentar-komentar negatif. Juga informasi untuk memblokir akun pengguna yang tak diinginkan, serta masih banyak lagi.

“Kami telah memberikan cara-cara dasar dari aplikasi kami dan deskripsi alat kami. Ditambah, panduan diskusi tentang bagaimana orang tua mampu memperoleh percakapan secara terbuka dengan anak mereka tentang Instagram.” tambah Levine. “Saya bekerja di Instagram. Dan saya juga orang tua. Dengan melihat hal tersebut, seperti kebanyakan orang tua yang bekerja di sini, kami berkomitmen berada di sini setiap langkah untuk memastikan orang tua dan remaja mereka memiliki alat yang dibutuhkan untuk membuat pilihan yang tepat.” pungkasnya.

Instagram pun sudah pasti berkolaborasi dengan banyak lembaga ahli, terutama lembaga ahli di bidang pendidikan dan media sosial. Kolaborasi dilakukan bersama dengan PTA Nasional, Gramedia, PACER’s National Bullying Prevention Centre serta banyak lembaga lainnya yang berkaitan dengan  bidang tersebut.

Jasa SEO terbaik di Jakarta

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: