Fakta Unik Film Dilan 1990 Karya Pidi Apakah Kisah Nyata?

Fakta Unik film Dilan merupakan adaptasi novel dengan judul yang sama karya dari Pidi Baiq. Novel ini merupakan karya terbaiknya, dan tidak heran kalau banyak pembacanya yang menantikan jadwal tayang film ini sebelumnya. Film ini bertemakan percintaan anak remaja yang duduk dibangku SMA. Romantika Dilan dan Milea menjadi inti alur ceritanya. Pemeran karakter Dilan serta Milea pun sudah diketahui. Dilan yang diperankan oleh Iqbal CJR dan Milea yang diperankan oleh Vanesha Prescilla. Sebenarnya apa sih yang membuat film ini layak untuk kamu tonton?, nah berikut fakta unik film Dilan:

1. Apakah cerita ini berdasarkan kisah nyata?

Menurut pengakuan penulis, ia mengungkapkan jikalau kisah yang di tulisnya tersebut memang berdasarkan kisah nyata. Oleh sebab itu, cerita yang disajikan memang begitu terasa alami dan tidak dramatis. Dan karena terasa natural inilah yang menjadikan novel Dilan 1990 menjadi best seller ditoko buku.

Lihat juga: #DopeWeddingCongratz



2. Dilan dan Milea Beneran Ada?

Bila kamu telah membaca novel Dilan pastinya kamu sudah berkhayal tentang sosok dari Dilan dan Milea. Akan tetapi banyak pembaca yang masih bertanya-tanya, apa Dilan serta Milea beneran ada apa ngga. “Ini kisah nyata, data-datanya saya dapat dari Milea. Enaknya nulis buku Dilan tuh begini. Datanya sudah ada saya tinggal nulis saja,” tutur Pidi Baiq. Ia mengakui hal tersebut dalam acara bedah buku Dilan bersama XTC di Bandung tahun 2017 silam. Jadi, memang benar ternyata sosok Dilan dan Milea itu ada lho katanya.

3. Penulis Menolak Novel Dilan Dijadiin Film.

Pidi Baiq sempat menolak tawaran supaya novelnya dijadikan karya film. Beliau menolak kisah romansa novel Dilan diangkat ke layar lebar terkecuali bilamana dia sendiri yang berkesempatan untuk menjadi sutradaranya.

4. Lokasi Syuting Terletak Di Kota Bandung.

Dalam produksi film Dilan, semua situasi kondisi diusahakan untuk dibuat semirip mungkin dengan dengan kisah aslinya di novel. Dan ini termasuk seluruh property serta set lokasi yang memang terjadi di Bandung berdasarkan fakta unik film Dilan sesuai cerita nyatanya. Tempat-tempat itu adalah kawasan Cibeunyi dan Cilaki yang dinamai jalan Milea didalam novel aslinya. Selain itu juga syuting ada yang berlangsung di Jalan Natuna, SMAN 20 Bandung, Jalan Kancra, kawasan Asia Afrika, dan lain-lain.

5. Membuat Soundtrack Sendiri.

Disamping menuliskan cerita film, Pidi pun mengarang soundtrack untuk Film Dilan. Pidi lebih dulu mengeluarkan album CD Voor Dilan pada tahun 2016 silam. Lagu-lagunya telah diabadikan dalam video klip dengan model Vanessa Prescilia (pemeran Milea). Dugaan kuat sebelum akhirnya tayang, lagu-lagu yang sudah ditampilkan tersebut juga adala original soundtrack film Dilan.

6. Pro Kontra Iqbal ex CJR Sebagai Pemeran Utama

Sejak tim produksi merilis nama para pemainnya, pro kontra mulai naik ke permukaan. Banyak penggemar novel tak sepakat dengan penetapan Iqbal sebagai pemeran Dilan. Menurut mereka, Iqbal tidak mempunyai sosok remaja bad boy seperti karakter Dilan, selain itu mereka beranggapan Iqbal kurang pas saat menyampaikan dialog romantis. Padahal dialog-dialog tersebutlah yang membuat sosok Dilan dalam novel ini menarik.

7. Sebelum Film Dilan dibuat, Vanessa Prescilla sudah memerankan Milea Dalam Video Klip terdahulu.

Vanessa adalah adik kandung aktris Sissy Priscilla. Vanessa ditunjuk sendiri oleh Pidi Baiq untuk memerankan sosok Milea dalam debut awalnya di film. Sebelum penunjukkan pemeran Dilan, ternyata Vanessa sudah menjadi Milea dalam video klip Voor Dilan. Video klip tersebut sudah diupload di YouTube resmi milik ThePanasdalam pada Agustus 2016, jauh sebelum film ini direncanakan. Pidi Baiq menetapkan vanessa gara-gara wajahnya mirip dengan sosok Milea. Selain itu gambaran karakternya sama dengan Milea dalam buku yang merupakan gadis kelas 2 SMA berasal dari Jakarta. Persamaan lainnya adalah sang Bunda yang merupakan penyanyi era 80-an.

8. Iqbal ex CJR Dilatih Geng Motor Asli Bandung

Iqbal ternyata di didik berperan sebagai“preman jalanan” selama semingguan. Tidak tanggung-tanggung gurunya pun betul-betul gangster di Kota Bandung. Sebanyak 60 latar belakang dalam film Dilan juga mengambil suasana dari XTC, Brigez, GBR dan Moonraker.

9. Kedua Karakter Utama Seumuran

Iqbal dan Vanessa ternyata memiliki usia yang sama, saat ini mereka berdua berusia 19 tahun. Mereka lahir pada tahun 1999, Iqbal lahir dikota Surabaya 28 Desember 1999 sedangkan Vanessa lahir di Jakarta 25 Oktober 1999.

10. Iqbal ini dulunya Anggota Cowboy Junior alias CJR

Sudah banyak yang mengetahuinya, bahwa Iqbal tergabung dalam boy band Indonesia ternama CJR yang kini telah resmi bubar. Selain itu, Iqbal merupakan gitaris dan vokalis di band The Second Breaktime.

11. Iqbal Menjalankan Proses Kuliah Di Amerika

Saat itu Iqbal kuliah di Armand Hammer United World College of The American West, New Mexico Amerika Serikat. Iqbaal masuk pada program United World Colleges (UWC).

12. Dilan bukanlah film pertama Iqbal CJR

Film Dilan bukan yang perdana buat Iqbal. Iqbal sendiri pernah berakting di 5 film sebelumnya. Beberapa filmnya adalah:

  • 5 Elang
  • Coboy Junior The Movie
  • Comic 8
  • CJR The Movie : Lawan Rasa Takutmu
  • Ada Cinta di SMA.

13. Vanessa Merupakan Adik dari Artis Sissy Pricillia dan DJ Terkenal

Vanessa rupanya memiliki dua orang kakak yang juga berkarya dalam dunia hiburan Indonesia. Kakak perempuan Vanessa ialah seorang aktris Sissy Pricillia pemeran Mili pada film “Ada Apa Dengan Cinta”. Sedangkan kakak laki-lakinya adalah seorang DJ jebolan The Remix bersama Rini Wulandari yang akrab dengan nama Jevin Julian.

14. Vanessa Finalis Gadis Sampul

Vanessa ternyata pernah juga mengikuti ajang Gadis Sampul pada tahun 2014 lalu terpilih menjadi finalisnya. Meskipun tak menjadi juara, Vanessa memiliki perkembangan karir yang melesat. Vanessa sempat sibuk sebagai model serta menjadi brand ambassador perusahaan mobil asal Jepang.

15. Dapat Tawaran Main Film Dilan Saat Ngopi

Vanessa ditawarin main film Dilan saat sedang ngopi bersama temannya di kantin The Panas Dalam. Penulis Dilan, Pidi Baiq yang melihat wajah Vanessa serta merta menghampirinya lalu menyapa “Kamu Lia”. Selepas kejadian itu, Vanessa pun diajak bermain film Dilan : Dia adalah Dilanku Tahun 1990 yang di tulis oleh Pidi Baiq.

Fakta Unik Film Dilan

Itulah beberapa fakta unik film Dilan. Apakah kamu sudah nonton film Dilan 1990 ?

Komentar Anda
error:
%d blogger menyukai ini: