Fakta Penyakit ALS (Penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis)

Informasi Menarik – Apa Itu Penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis?. Mungkin ada yang sudah tahu sebelumnya?. Atau Anda belum tahu apa-apa mengenai informasi tentang penyakit yang satu ini?. Kalau Anda sama sekali belum mengetahuinya. Ada baiknya untuk bisa menyimak informasi kali ini.

Kabar duka datang dari seorang fisikawan terkenal dunia, Stephen Hawking. Sosok ilmuan dengan penemuan-penemuan luar biasa, yang tetap bertahan dan berjuang melawan penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) lebih dari 50 tahun. Apa itu penyakit ALS?

Amytrophic Lateral Sclerosis merupakan penyakit degeneratif, penyakit ini menyerang saraf motoric serta tulang belakang dan hingga saat ini belum dapat disembuhkan. Pada akhirnya penyakit ini akan menurunkan fungsi kinerja otot tubuh dan membuat penderitanya menjadi cacat. Meskipun tidak dapat disembuhkan, namun sudah ada obat untuk mencegah keparahan penyakit tersebut.

Dengan kondisi lumpuh, Sthepen tetap dapat beraktifitas dengan memberikan kuliah dan seminar. Dengan bantuan teknologi khusus serta kursi roda yang telah dipasangi komputer. Teknologi khusus tersebut memungkinkan dirinya tetap dapat berbicara namun dengan suara seperti robot. Sejak tahun 1970an Stephen juga aktif sebagai pejuang hak para disabilitas.



Lihat juga:Teknologi Luar Biasa Umat Manusia

Meskipun dengan fisik yang cacat dan sempat membuatnya putus asa, Hawking tetap memiliki pikiran yang jernih. Dimana dalam kondisinya tersebut, ia tetap bisa menghasilkan berbagai penelitian dan teori besar di bidang ilmu fisika.

Fakta Terkait Penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis

  • ALS merupakan penyakit yang menyerang saraf motorik dan menyebabkan otot penderitanya menjadi kaku, kemudian fungsinya melemah dan mengecil. Hal inilah yang menyebabkan penderitanya mengalami kecacatan hampir seluruh anggota tubuh. ALS juga menyerang sistem saraf sumsum tulang belakang.
  • Dimana kita ketahui bahwa pusat saraf manusia berada di sumsum tulang belakang. Bagian ini juga mengatur sistem otot pernapasan yang bisa menyebabkan ganggauan pernapasan, pneumonia atau tersedak, yang bisa menyebabkan kematian.
  • Gejala awal yang mungkin dirasakan penderitanya adalah masalah otot ringan yang lama kelamaan bertambah semakin parah. Penderita mengalami kram pada otot dan berkedut di area lengan, bahu bahkan lidah. Tungkai penderita juga mengalami penurunan fungsi, menjadi semakin lemah.
  • Pasien ALS umumnya akan mudah tersandung, menjatuhkan barang, mudah kelelahan pada kaki dan lengan serta mengalami kesulitan berbicara secara jelas. Gejala yang semakin memburuk dan menyerang bagian atas akan menyebabkan penderitanya kesulitan berbicara, menggerakan kepala bahkan kesulitan menelan makanan / minuman yang masuk.
  • Pemeriksaan penyakit ALS dilakukan dengan melakukan serangkaian tes seperti EMG (Electromyography) dan MRI (Magnetik Resonance Imaging). Belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini, obat yang saat ini ada hanyalah sebatas menghambat penyebaran penyakit serta menghindari kefatalan dari ALS .
  • Selain mengonsumsi obat, nutrisi serta pola makan sehat juga sangat diperlukan untuk mencegah keparahan ALS. Pasien juga harus rutin melakukan fisioterapi, latihan berjalan, latihan menelan untuk mengembalikan kondisi dari organ yang mengalami penurunan fungsi.
  • Penelitian terbaru yang diberi nama Project Min E dari proyek University Of Massachusetts telah berhasil mengungkap bahwa terdapat gen yang bertanggung jawab atas penyakit ALS. Gen tersebut adalah NEK1. Dari penelitian yang dilakukan, diyakini bahwa gen tersebut dapat memberikan petunjuk penting dalam memahami secara mendalam mengenai penyakit ALS bahkan kemungkinan dapat diketahui pengobatan yang tepat untuk menyembuhkannya.

Fakta Penyakit ALS (Penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis)

Demikian beberapa fakta terkait penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis yang diderita oleh ilmuwan dunia Stephen Hawking. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca mengenai ilmu kesehatan. Kita nantikan perkembangan penelitian dari penyakit ALS, sangat berharap ditemukannya obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Rest In Peace, Stephen Hawking.

Terima kasih,
IDRTimes

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: