Diduga Picu Kematian Bruce Lee, Ini yang Terjadi Jika Terlalu Banyak Minum Air

Diduga Picu Kematian Bruce Lee, Ini yang Terjadi Jika Terlalu Banyak Minum Air

Jakarta

Baru-baru ini sebuah analisis muncul yang menguak kemungkinan penyebab kematian aktor bela diri Bruce Lee pada 49 tahun yang lalu. Peneliti mengatakan bahwa aktor 32 tahun itu mendadak meninggal dunia karena terlalu banyak minum air.

Air merupakan komponen yang sangat dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Namun, jumlah yang dikonsumsi harus cukup, tidak kurang, dan tidak lebih.

Sebab, ternyata terlalu banyak mengkonsumsi air juga bisa menyebabkan kondisi yang dikenal dengan istilah overhidrasi. Ini disebabkan ketidakseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh.

Dikutip dari Insider, salah satu kondisi yang disebabkan karena overhidrasi adalah hiponatremia. Kondisi inilah yang diduga menjadi penyebab kematian Bruce Lee.

Hiponatremia ini terjadi ketika kadar natrium darah turun di bawah 134 mEq/L. Ada beberapa kasus hiponatremia tidak menyebabkan ancaman langsung terhadap kesehatan. Namun, penurunan kadar natrium yang cepat akibat keracunan air bisa menyebabkan gejala neurologis dan memerlukan perawatan.

Selain hiponatremia, berikut beberapa kondisi yang bisa terjadi jika seseorang terlalu banyak minum air yang dikutip dari laman Style Craze:

Pembengkakan sel-sel tubuh

Saat kadar natrium di dalam tubuh menurun, air akan masuk ke dalam sel melalui membran sel semipermeabel melalui proses osmosis. Ini bisa menyebabkan pembengkakan sel.

Kondisi ini bisa dapat memicu kerusakan yang serius pada jaringan otot, organ, hingga otak.

Diare

Kondisi kelebihan minum air dapat menyebabkan diare kronis dan keringan yang berkepanjangan. Hal ini disebabkan karena hipokalemia atau penurunan ion kalium.

Keseimbangan antara ion kalium intraseluler dan ekstraseluler terhambat saat seseorang minum terlalu banyak air.

Efek buruk pada jantung

Kelebihan air di tubuh juga bisa berpengaruh pada jantung, terutama pada orang yang menjalani dialisis. Saat mengkonsumsi terlalu banyak air, volume darah di tubuh bisa meningkat.

Kondisi itu akan memberikan tekanan yang tidak perlu pada pembuluh darah dan jantung. Bahkan kondisi ini terkadang bisa menyebabkan kejang.

Efek negatif pada otak

Hiponatremia yang terjadi karena terlalu banyak minum bisa menyebabkan pembengkakan otak. Kondisi ini bisa menyebabkan ketidakmampuan berbicara, disorientasi, ketidakstabilan berjalan, psikosis, bahkan kematian.

Masalah hati

Terkadang, overhidrasi tidak hanya disebabkan terlalu banyak minum, tetapi bisa karena terlalu banyak asupan zat besi yang ada di dalam air. Kelebihan zat besi tidak sepenuhnya menjadi masalah.

Tetapi, pada kasus yang jarang terjadi, kondisi itu bisa menyebabkan masalah terkait hati. Orang dengan sirosis hati rentan mengalami hiponatremia.

Terima kasih telah membaca artikel

Diduga Picu Kematian Bruce Lee, Ini yang Terjadi Jika Terlalu Banyak Minum Air