Datsun Akhirnya Meluncurkan Mobil Ketiganya, Datsun CROSS

IDRTimes – Sesuai janjinya, Datsun akhirnya meluncurkan mobil ketiganya, Datsun CROSS, setelah sebelumnya sukses menelurkan Datsun GO+ Panca dan Datsun GO Panca. Mobil ketiga mereka ini akan meramaikan segmen crossover di Indonesia.

Datsun CROSS juga menjadi mobil merk pertama dari mereka yang mengusung transmisi matik Continuously Variable Transmission (CVT). Datsun CROSS juga menjadi mobil matik pertama mereka di Indonesia. Dan Indonesia pun dipastikan akan menjadi negara pertama di dunia yang mendapatkan Datsun CROSS.

Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito, mengatakan, “Datsun CROSS merupakan generasi baru compact cross-over. Dengan desainnya yang stylish dan fitur-fitur canggih. Datsun CROSS akan menjadi partner yang sesuai untuk gaya hidup pelanggan baru kami,”

Baca juga: Ronaldinho Pensiun



Harga yang Pasti Kompetitif

Datsun menjual CROSS mulai hari ini (18/1) dengan harga mulai Rp 163 juta untuk transmisi manual dan Rp 175 juta untuk transmisi otomatis CVT. Harga ini dirasa sangat kompetitif untuk mobil yang akan membuka segmen baru.

“Mobil ini bisa dibooking mulai hari ini dengan harga mulai Rp 163 juta,” kata Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, Eichii Koito di sela-sela peluncuran Datsun CROSS di Jakarta, Kamis (18/1).

“Kami yakin harga ini sangat kompetitif, banyak fitur spesial, fitur keamanan yang tidak tersedia di kompetitor. Ini adalah kekuatan kami, bukan hanya ground clearance yang tinggi. Ini sangat bagus untuk konsumen dan sangat kompetitif,” lanjutnya.

“Namun melihat angka penjualan Datsun yang sudah mencapai setengahnya dari Nissan, jadi Anda bisa bayangkan jumlah yang besar untuk volumenya,” ujar Eichii Koito.

CROSS sendiri rencananya akan diproduksi di Indonesia. Sayangnya, Datsun tidak menyebutkan apakah akan mengekspor mobil ke negara lainnya.

Desain yang Cocok untuk Orang Indonesia

“Hadirin sekalian, inilah Datsun Cross. Seperti saya singgung sebelumnya, mobil ini didesain untuk Indonesia,” kata Eichii Koito, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia di kesempatan yang sama.

Mobil ini dirancang khusus untuk pengendara di Indonesia, dan ditujukan untuk menciptakan segmen baru,
hasil dari desain crossover serta ground clearance-nya yang tinggi.

“CROSS” disini memberikan definisi karakter kendaraan itu sendiri,
dimana terlihat mendukung berbagai gaya hidup dari pemiliknya.

“Desain keseluruhan bodinya yang pintardan rapi membuat CROSS mampu bergerak lincah, layaknya seorang atlet profesional,” ujar Eichii Koito. “CROSS juga mengadopsi keunggulan teknologi canggih CVT Nissan. Jika dibandingkan dengan transmisi matik konvensional, CVT lebih menawarkan pengalaman berkendara yang lebih halus, lebih nyaman dan lebih efisien,” lanjutnya.

Jose Roman, Corporate Vice President Nissan Motor Corporation, Global Head of Datsun, menambahkan, “Karena konsumen saat ini berubah, kami menghadirkan kendaraan multifungsi dan multiguna,”

Datsun CROSS, Wujud Janji untuk Indonesia

CROSS menjadi flagship baru bagi perusahaan tersebut. Datsun pun mengklaim jika mobil ini akan menciptakan standar baru di segmennya. CROSS juga menggendong mesin bensin HP 1.2 liter. CROSS ditawarkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis CVT.

CVT menghasilkan perpindahan gigi yang mulus dengan tingkat rasio persneling yang efektif yang berbeda dengan transmisi otomatis konvensional yang menggunakan rasio gigi tetap. Transmini ini memungkinkan mesin bekerja dengan jarak kecepatan kendaraan yang paling efisien, dimana akan menghasilkan proses berkendara yang halus, mudah dan efisien.

“Ketika Kami kembali ke pasar Indonesia, Kami berjanji akan memberikan tiga model dalam tiga tahun. CROSS yang baru ini merupakan komitmen kami akan janji tersebut,” kata Corporate Vice President Nissan Motor Co., Global Head of Datsun, Jose Roman, di sela-sela peluncuran Dtsn Cross di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

“Lebih dari itu, modelnya yang dinamis dan teknologinya akan membuat berbeda. Dtsn CROSS adalah mobil baru untuk generasi baru, mobil yang mendorong merek ini selangkah lebih maju daripada pesaingnya,” sambungnya.

Eksterior

Tampilan eksterior Cross sangat segar dibandingkan model lawas Datsun Go Panca. Ini berkat desain lampu utamanya yang mirip mata elang, berpadu lampu indikator sein dan daytime running lamps (DRL). Desain grilnya juga lebih menarik dengan motif honeycomb. Di bawah lampu depan, ada lampu kabut yang bulat, plus skid plate di bemper depan demi menegaskan konsepnya sebagai mobil crossover.

Over-fender juga menegaskan mobil ini tampil lebih sporty, termasuk penyematan roof rail, sehingga tampilannya lebih gagah dan macho. Roof rail ini berkapasitas 30 kilogram, yang bermanfaat untuk perjalanan jauh dan membawa barang banyak. Datsun Cross juga dilengkapi wiper, yang tidak ada di model lawas Datsun Go Panca.

Interior

Tampil dashboard Cross jauh lebh baik. Terkesan modern alias kekinian. Panel instrumennya memiliki aksen krom dengan head unit berlayar sentuh berukuran 6,75 inci, yang dlengkapi koneksi bluetooth, USB, Aux, dan smartphone.

Untunglah, rem tangan yang berada di atas seperti di model lawas dihilangkan di Cross. Rem tangan jadul ini kini lenyap dan posisi rem tangan Cross normal seperti mobil lainnya yakni di bawah dekat boks transmisi. Sedangkan yang menarik adalah ada transmisi otomatis CVT di Cross. Desainnya cukup menarik dengan aksen krom pula.

Berstatus compact crossover, mobil ini menawarkan ruang penyimpanan lumayan banyak. Seperti di kantung pintu, tempat penyimpanan uang, kotak penyimpanan berpenutup, tempat cangkir untuk penumpang depan dan belakang. Secara keseluruhan, interiornya memiliki ruang penyimpanan berkapasitas 10,5 liter. Untuk penumpang, Cross mampu menampung lima penumpang dewasa dan ruang ekstra di baris ketiga. Kursi di baris ketiga ini juga bisa untuk penumpang anak-anak untuk perjalanan pendek.

Mesin dan transmisi

Andalan anyar Datsun Indonesia ini mengusung mesin bensin 1,2 liter. Untuk transmisi manual tenaga yang disemburkannya mencapai 68 hp, sedangkan transmisi CVT 78 hp. Tawaran menarik lainnya, ground clearance yang lumayan tinggi; 200 milimeter dan ban dimensi lebih besar; 15 inci.

Transmisi CVT ini menawarkan rasa berkendara yang halus dan hemat bahan bakar, tanpa mengorbankan performanya. Yang jadi pertanyaan menariknya, berapa konsumsi bahan bakar Cross bertransmisi CVT ini.

Fitur Keselamatan

Cross sangat kental fitur canggih dibandingkan model terdahulunya. Sebab ada teknologi terkini, seperti teknologi vehicle dynamic control (VDC) yang mencakup fitur anti-lock brake system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), traction control (TCS), dan brake-limited slip differential (B-LSD). Perangkat keselamatan lainnya, air bags ganda, lampu peringatan sabuk pengaman, dan lampu headlight otomatis.

Pintu belakang kini berwiper, sehingga gangguan pandangan saat hujan deras tidak terjadi. Kemudian kaca spoin juga bisa disesuaikan secara elektrik dan memiliki lamp repeater untuk memberikan pengguna jalan lainnya penunjuk yang jelas tentang arah yang akan diambil oleh pengemudi Datsun Cross.

Datsun Akhirnya Meluncurkan Mobil Ketiganya, Datsun CROSS

Mau coba cek ke website resminya?, > Klik Disini

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: