COVID Varian Kraken ‘Super Menular’ Masuk RI, Kasus Bakal Naik Lagi?

COVID Varian Kraken 'Super Menular' Masuk RI, Kasus Bakal Naik Lagi?

Jakarta

Kasus COVID-19 varian Kraken atau Omicron XBB.1.5 sudah masuk ke Indonesia. Kasus pertama ini berasal dari warga negara Polandia yang tiba di Indonesia pada 6 Januari 2023 lalu.

Sempat Bermalam di DKI

WN Polandia tersebut sempat menginap di hotel DKI Jakarta. Ia melanjutkan perjalanan ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Ketika menjalani rapid test antigen pada 7 Januari ia masih berstatus negatif. Namun, ketika melakukan tes COVID-19 PCR pada 11 Januari ia dinyatakan positif.

Positif COVID-19 tanpa Gejala

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan WN Polandia tersebut diketahui positif COVID-19 Kraken tanpa gejala. Ia sudah melakukan isolasi mandiri dan tes PCR terakhir juga menyatakan negatif. Saat ini tim Dinas Kesehatan terus melakukan penelusuran epidemiologi untuk tracing kontak erat.


Mungkinkah Picu Kenaikan Kasus?

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sekaligus spesialis paru RS Persahabatan dr Erlina Burhan, SpP(K) mengatakan lonjakan varian Kraken awalnya terjadi di Amerika Serikat. Varian ini menular lebih cepat dibandingkan varian-varian Corona sebelumnya.

“Karakteristik virus ini adalah sangat-sangat mudah menular. Jauh lebih mudah dibandingkan dengan varian apa pun yang ada. Tapi gejala atau keluhannya memang ringan saja, bahkan sebagian besar tidak keluhan,” ungkapnya dalam konferensi pers, Rabu (25/1/2023).

Oleh sebab itu, demi mengantisipasi lonjakan kasus dan memperkuat imun tubuh, masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas diimbau mendapat vaksin booster kedua. dr Erlina mengatakan vaksin booster memang tidak menjamin seseorang terhindar dari COVID-19 sepenuhnya, tetapi untuk menekan gejala berat pada pasien yang terpapar.

“Vaksinasi bukan satu-satunya. Tetap (lakukan) protokol kesehatan, meningkatkan sistem imun karena sesungguhnya ini adalah penurunan keseimbangan dan sistem imun dan keganasan virus,” tegas dr Erlina.

Terima kasih telah membaca artikel

COVID Varian Kraken ‘Super Menular’ Masuk RI, Kasus Bakal Naik Lagi?