CDC akan Perbarui Pedoman Masker Penangkal Omicron, Jadi Ini yang Efektif?

Jakarta

Masker masih jadi penangkal terbaik virus Corona atau COVID-19. Ada beragam jenis masker dengan tingkat efektivitas atau filtrasi yang berbeda.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sedang mempertimbangkan untuk memperbarui panduan memakai masker karena kasus Omicron meledak di AS beberapa hari terakhir, bahkan menembus 1 juta kasus.

CDC berencana akan menyarankan warga-nya untuk memakai masker N95 atau KN95 yang dinilai lebih efektif menangkal varian Omicron. Masker tersebut sebelumnya biasa digunakan para tenaga kesehatan.

“Badan tersebut kemungkinan akan menyarankan orang-orang untuk memilih masker N95 atau KN95 yang sangat protektif yang dikenakan oleh petugas kesehatan, jika mereka dapat melakukannya secara konsisten,” lapor Reuters, mengutip seorang pejabat yang dekat dengan pertimbangan tersebut.

“Pedoman CDC kemungkinan menyarankan warga mengenakan masker KN95 atau N95 sepanjang hari,” kata laporan itu.

Amerika Serikat melaporkan setidaknya 1,13 juta infeksi COVID-19 baru pada hari Senin (10/1/2022). Menurut penghitungan Reuters, penambahan kasus tersebut menjadi rekor tertinggi di dunia karena penyebaran varian Omicron yang sangat menular di AS tak kunjung menunjukkan tren penurunan.

Per Selasa (11/1/2022) bahkan kasus Omicron di Amerika Serikat menyentuh 1,35 juta kasus. Lagi-lagi menjadi penambahan tertinggi di dunia.

Pekan lalu, Direktur CDC Rochelle Walensky berbicara dalam program NBC News, lonjakan kasus COVID-19 AS yang didorong varian Omicron kemungkinan belum mencapai puncaknya.


Terima kasih telah membaca artikel

CDC akan Perbarui Pedoman Masker Penangkal Omicron, Jadi Ini yang Efektif?