Cara Download iOS 16 Beta di iPhone, iPad dan Mac

Apple telah mengumumkan sistem operasi yang akan dirilis selanjutnya yaitu iOS 16, pada keynote WWDC 2022 lalu. Pengguna saat ini sudah dapat mengunduhnya di perangkat Apple dalam versi beta, versi ini hanya tersedia untuk anggota Program Pengembang Apple.

Fitur iOS 16 baru yang diumumkan sejauh ini diantaranya layar kunci yang didesain ulang untuk iPhone, kemampuan untuk membatalkan pengiriman atau mengedit pesan teks, dan peningkatan pada Apple Maps. Sementara pemutakhiran pada iOS 16 ini tidak dijadwalkan untuk rilis umum hingga September 2022 mendatang.

Meskipun cukup mudah untuk mengunduh dan menginstal iOS 16, perlu diketahui bahwa prarilis ini tidak dimaksudkan untuk penggunaan umum,  karena sama seperti semua rilis beta pengembang, iOS 16 saat ini mungkin memiliki fitur yang belum selesai. Rilis beta ini ditujukan untuk membantu pengembang aplikasi tetap up to date sambil memberikan akses awal ke fitur baru yang sedang dibuat.

Cara Download iOS 16 Beta di iPhone, iPad dan Mac

Operasi sistem OS 16 ini merupkakan versi pra-rilis awal, jadi perangkat lunak ini akan penuh dengan bug dan masalah lainnya. Jadi untuk mengunduh iOS 16, lakukanlah di ponsel cadangan atau ponsel kosong yang tidak memiliki memori penting. Karena pratinjau iOS 16 beta dapat melumpuhkan ponsel yang digunakan dan membuatnya sulit untuk digunakan, menonaktifkan panggilan telepon atau pesan teks atau membuatnya sangat lambat. Namun, jika Anda hanya memiliki ponsel atau tablet utama yang tersedia, pastikan untuk mencadangkan perangkat Anda di iOS 15 sebelum memperbarui ke iOS 16. Dengan begitu Anda memiliki opsi untuk kembali ke iOS 15 jika ada terlalu banyak masalah pada OS baru. .

Selain itu, Anda harus memiliki iPhone 8 atau versi perangkat yang lebih baru untuk menjalankan iOS 16. Pembaruan perangkat lunak seluler berikutnya tidak akan diterapkan ke iPhone SE (2016), iPhone 6S, iPhone‌ 6S Plus, iPhone‌ 7, atau iPhone‌ 7 Plus.

Cara Daftar Jadi Pengembang di Perangkat Apple

Langkah pertama untuk mendapatkan iOS 16 di iPhone atau iPad adalah dengan mendaftarkan diri di Program Pengembang Apple jika Anda belum menjadi anggota. Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, berikut cara untuk mendaftarnya:

1. Unduh aplikasi Pengembang Apple dari App Store.

2. Luncurkan aplikasi, buka Akun dan ketuk Daftar Sekarang.

3. Masuk dengan kredensial ID Apple Anda.

4. Baca berbagai manfaat dan instruksi, masukkan informasi pribadi Anda dan pindai ID Anda untuk memverifikasi identitas Anda.

5. Setelah informasi ini dikirimkan, Anda harus memilih entitas Anda (individu untuk kebanyakan orang) dan menyetujui perjanjian lisensi program.

6. Terakhir, bayar biaya keanggotaan Pengembang Apple (dengan Apple Pay), yaitu $99 ) setahun.

Setelah Anda berhasil melakukan pembayaran, Anda akan diarahkan ke halaman Akun Anda di aplikasi Pengembang Apple. Di sini Anda dapat memverifikasi bahwa Anda sekarang terdaftar, dan Anda juga dapat memeriksa tanggal kedaluwarsa keanggotaan Anda tahun depan.
Unduh iOS 16 dengan pembaruan melalui udara di iPhone atau iPad Anda

Cara Download iOS 16 Beta di Iphone dan iPad

Cara termudah untuk mengunduh iOS 16 adalah melalui pembaruan over-the-air, caranya dengan memperbarui ke rilis perangkat lunak baru lainnya di perangkat Anda. Berikut caranya:

1. Di iPhone atau iPad, buka halaman unduhan Program Pengembang Apple, ketuk Instal Profil untuk iOS 16 beta (iPhone) atau iPadOS 16 beta (iPad) dan tekan Izinkan.

2. Selanjutnya, buka Pengaturan Aplikasi, ketuk Profil Diunduh dan tekan Instal di kanan atas saat muncul. Masukkan kode sandi Anda jika diminta, lalu ketuk Instal dua kali lagi. Ponsel Anda perlu direstart setelahnya.

3. Setelah ponsel Anda boot kembali, sambungkan ke daya, pastikan Anda menggunakan Wi-Fi lalu buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Jika Anda tidak langsung melihat pembaruan yang tersedia, tunggu beberapa menit dan periksa lagi.

4. Terakhir, tekan Unduh dan Instal > Instal dan masukkan kode sandi Anda untuk memperbarui perangkat Anda.

Setelah ponsel Anda selesai reboot, Anda seharusnya memiliki akses ke beta pengembang iOS 16 terbaru.

Baca Juga

Cara Download iOS 16 menggunakan Mac

Selain menggunakan iPhone dan iPad, pembaruan ini bisa di download di Mac. Pembaruan over-the-air memerlukan sejumlah penyimpanan yang cukup besar, jadi jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan komputer untuk memperbarui ke iOS 16 tanpa mengosongkan ruang secara manual di perangkat iPhone dan iPad.

1. Di Mac, buka halaman unduhan Program Pengembang Apple, temukan iOS 16 beta atau iPadOS 16 beta dan klik Unduh Pulihkan Gambar.

2. Unduh gambar pemulihan perangkat lunak iOS beta untuk perangkat spesifik yang digunakan.

3. Selanjutnya, sambungkan perangkat Anda ke komputer dan masukkan kode sandi perangkat Anda atau tekan Trust This Computer jika diminta.

4. Buka Finder dan klik perangkat Anda di bilah sisi di bawah Lokasi.

5. Secara Umum, di sebelah Perangkat Lunak, Anda akan melihat perangkat lunak terbaru yang dijalankan perangkat Anda.

6. Tahan tombol Option, klik Periksa Pembaruan dan pilih gambar pemulihan perangkat lunak iOS 16 beta yang baru saja Anda unduh dari halaman Pengembang Apple.

Perangkat lunak iOS 16 beta akan diinstal pada perangkat Anda. Tunggu beberapa menit dan ketika ponsel Anda reboot, Anda seharusnya memiliki akses ke iOS 16.

Selamat mencoba!

Terima kasih telah membaca artikel

Cara Download iOS 16 Beta di iPhone, iPad dan Mac