Cacar Monyet Ngamuk di Inggris, Kasusnya Melonjak hingga Lebih dari 500!

Jakarta

Kasus cacar monyet atau monkeypox di Inggris terus melonjak. Menurut angka resmi terbaru per Rabu (15/6/2022), jumlahnya sudah melebihi 500 kasus.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan pihaknya mendeteksi ada 52 kasus baru cacar monyet di Inggris, satu di Skotlandia, dan satu di Wales. Ini membuat total kasus yang dikonfirmasi di wilayah Britania Raya menjadi 524 pada Selasa (14/6) lalu.

Berdasarkan data UKHSA, berikut rinciannya:

  • Inggris: 504 kasus
  • Skotlandia: 13 kasus
  • Irlandia Utara: 2 kasus
  • Wales: 5 kasus

“Siapa pun bisa terkena cacar monyet, terutama jika pernah melakukan kontak dekat, termasuk kontak seksual, dengan individu yang memiliki gejala. Saat ini kebanyakan kasus terjadi pada pria gay, biseksual atau berhubungan seks dengan pria,” kata UKHSA yang dikutip dari laman Xinhua News, Jumat (17/6/2022).

Hal ini juga ditanggapi oleh profesor epidemiologi penyakit menular di London School of Hygiene and Tropical Medicine, David Heymann. Meski lebih banyak terjadi pada pria gay, Heymann meminta agar tidak langsung mengambil kesimpulan atau menstigmatisasi kelompok atau individu tertentu terkait penyakit ini.

“Meski risiko keseluruhan tampaknya kecil, semua orang harus tetap waspada karena badan kesehatan masyarakat bekerja untuk mengatasi wabah ini. Sebab, cacar monyet berpotensi mempengaruhi siapa saja yang terpapar atau kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi,” jelasnya.


Terima kasih telah membaca artikel

Cacar Monyet Ngamuk di Inggris, Kasusnya Melonjak hingga Lebih dari 500!